Daftar Serangan Hacker di Indonesia Kian Panjang, Kali Ini Giliran Data KAI Commuter Diduga Bocor

Daftar Serangan Hacker di Indonesia Kian Panjang, Kali Ini Giliran Data KAI Commuter Diduga Bocor

WJtoday, Jakarta - Situasi media sosial kembali dihebohkan dengan munculnya dugaan kebocoran data pengguna dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter, yang tersebar dan dijual di situs gelap. 

Dalam sebuah postingan yang dibagikan oleh akun X @txttransportasi dan @TodayCyberNews, memperlihatkan tangkapan layar postingan data KAI yang dibocorkan di forum gelap BreachForums oleh pengguna dengan nama Fox47.

Sang hacker mengklaim, data yang dibocorkan itu terdiri dari berbagai informasi pribadi pengguna KAI Commuter, termasuk nama, kode tiket, metode pembayaran, dan waktu transaksi.

Sampai artikel ini ditulis, baik pihak KAI atau KCI belum memberikan konfirmasi. 

Beberapa waktu lalu, beberapa data instansi atau Kementerian/Lembaga di Indonesia juga menjadi target serangan peretasan, seperti BPJS Ketenagakerjaan, Indonesian Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polri, Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI, dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga diduga mengalami kebocoran.

Yang terbaru, pada Selasa, 2 Juli kemarin bahkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga bocor di situs gelap.

Kendati demikian, pihak BPJS Ketenagakerjaan telah mengonfirmasi bahwa data yang beredar di situs gelap bukanlah data yang berasal dari database BPJS Ketenagakerjaan. 

Sedangkan pihak TNI dan POLRI telah mengonfirmasi bahwa data tersebut merupakan data lama, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Hinsa Siburian. ***