Dalam Sepekan 49 Orang di India Tewas Akibat Sambaran Petir

Dalam Sepekan 49 Orang di India Tewas Akibat Sambaran Petir
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Tujuh orang, sebagian besar petani, tewas tersambar petir di sebuah desa di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, kata polisi, Kamis (28/7). 

Korban-korban itu menjadikan jumlah orang yang tewas akibat tersambar petir menjadi 49 orang di negara bagian itu pekan ini.

Para petani itu dilaporkan berlindung di bawah pohon selama hujan deras musiman yang diwarnai petir. Mereka tersambar dan tewas seketika, Selasa (26/7).

Tingginya jumlah korban tewas mendorong pemerintah mengeluarkan pedoman baru tentang bagaimana melindungi diri selama badai petir, kata juru bicara pemerintah negara bagian Shishir Singh. 

“Saat ini banyak orang meninggal karena petir daripada karena insiden lain terkait hujan,” jelas Singh, dikutip dari VOA, Jumat (29/7/2022).

Adapun musim hujan di India berlangsung dari Juni hingga September.

Kolonel Sanjay Srivastava, seorang pejabat di Departemen Meteorologi India, mengatakan petir telah menewaskan hampir 750 orang di seluruh India sejak April. 

Jumlah tersebut  termasuk 20 orang yang meninggal di negara bagian Bihar timur dalam dua hari terakhir, dan 16 lainnya di negara bagian Madhya Pradesh di India tengah, awal bulan ini.

Sunita Narain, direktur jenderal Pusat Sains dan Lingkungan, mengatakan pemanasan global berperan dalam meningkatnya jumlah petir. Kenaikan suhu satu derajat Celcius meningkatkan jumlah petir hingga 12 kali lipat.

Ketua Menteri Yogi Adityanath telah mengumumkan kompensasi masing-masing 5 lakh kepada keluarga mereka yang terbunuh. Pemerintah negara bagian mengumumkan bantuan keuangan juga akan diberikan kepada mereka yang kehilangan ternak mereka dalam insiden terkait hujan.

Mayoritas kematian dilaporkan di daerah pedesaan di seluruh negara bagian. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak dan wanita.

Sementara Prayagraj melaporkan 14 kematian, masing-masing lima kematian dilaporkan di distrik Kanpur dan Fatehpur. Di Kaushambi, empat orang meninggal karena sambaran petir.

Sementara Firozabad, Unnao dan Rae Bareli masing-masing melaporkan dua kematian. Hardoi dan Jhansi juga masing-masing melaporkan satu kematian.  ***