Dikirim ke Bandung Mulai Senin Malam, Intip Interior Rangkaian Kursi Kereta Cepat

Dikirim ke Bandung Mulai Senin Malam, Intip Interior Rangkaian Kursi Kereta Cepat
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung direncanakan akan segera dikirim ke kawasan Tegalluar, Bandung Barat. Pengiriman tersebut akan dilakukan pada hari Senin (5/9/2022) melalui beberapa ruas jalan tol.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kemudian telah berkoordinasi dengan pihak BPJT Kementerian PUPR, PJR, Pelindo dan juga Jasa Marga dalam proses pengiriman untuk menghindari kemacetan di ruas jalan tol.

“Proses pengiriman hanya dilakukan pada hari Senin hingga Kamis pada pukul 22.00 WIB-05.00 WIB. Artinya, perjalanan akan dilakukan di masa arus lalu lintas tidak tinggi. Sehingga diharapkan proses perjalanan ke Depo Tegalluar ini tidak mengganggu arus lalu lintas,” kata Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, melalui keterangannya, dikutip Minggu (4/9/2022).

Dwiyana menjelaskan, pihak BPJT juga membatasi kecepatan laju transporter maksimal di 20-30 km per jam.

Sementara itu, Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry menjelaskan, pengangkutan rangkaian kereta akan melibatkan tiga jalan tol, yakni Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road), Tol Jakarta-Cikampek, dan Tol Purbaleunyi.

“Dari gerbang tol Cakung dua ke Cileunyi kita sudah survei bersama. Dari KCIC, transporter, Patroli Jalan Raya (PJR) dan juga Jasa Marga,” ujar Rahadian

Ditambahkannya, proses pengangkutan akan memakan waktu sekitar 2 minggu. Estimasi waktu dipersiapkan dengan menyesuaikan kondisi jalanan lainnya.

Mengenai lamanya waktu pengangkutannya, transporter hanya diperbolehkan lewat sebanyak 3 kali dalam satu hari. Satu kendaraan sendiri terdiri atas satu bagian kereta.

“Metodenya hanya satu (transporter) diperbolehkannya. Kemudian setelah satu berjalan, baru dikawal. Setengah jam berikutnya kita akan jalannya satu lagi. Jarak setengah jam ini agar harapannya tidak menimbulkan kemacetan,” pungkas Rahadian.

Intip Interior Kursi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kelas Satu dan Dua

Dua rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung mulai tiba di Indonesia. Salah satunya yakni kereta untuk penumpang atau Electric Multiple Unit (EMU). Namun tahukah Anda bahwa satu rangkaiannya terdiri dari delapan kereta dan memiliki empat interior kursi berdasarkan kelasnya? 

Sebagaimana melansir dari unggahan akun Instagram PT KCIC, kereta EMU berjenis KCIC400AF ini punya empat bagian interior seating (tempat duduk). Meliputi Second Class, First Class, VIP Class, dan Dining Car.

Khusus untuk seating Second Class, berjumlah 7 kereta dan berkapasitas 555 penumpang dengan pengaturan tempat duduk 3-2. Desainnya menggunakan finishing suede dan motif print batik Mega Mendung. 

Dengan detail warna biru dan abu-abu pada tempat duduknya, sehingga semakin mempercantik tampilan interior seating Second Class.

Sementara itu untuk tempat duduk First Class, berjumlah 1 kereta dan berkapasitas 28 penumpang dengan pengaturan tempat duduk 2-2. Menggunakan faux leather dan finishing motif laser cut batik Mega Mendung. 

Selain itu ditambah dengan warna merah cerah pada tempat duduk membuat interior seating semakin menawan.***