Dorong Masyarakat Beralih ke BBM Ramah Lingkungan, Pemerintah Bakal Hapus Subsidi Pertalite

Dorong Masyarakat Beralih ke BBM Ramah Lingkungan, Pemerintah Bakal Hapus Subsidi Pertalite

WJtoday, Jakarta - Pemerintah RI tengah berencana membuat kebijakan terkait pemberian subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Adapun pemerintah bakal subsidi BBM jenis RON 90 dan Pertamax.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan bahwa, kebijakan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat beralih ke BBM yang lebih ramah lingkungan.

"Selama ini, pemerintah hanya memberikan subsidi untuk BBM dengan RON 90 atau Pertalite. Nah, saat ini tengah membahas wacana untuk memberikan subsidi pada BBM jenis Pertamax," kata Dadan, Sabtu (26/8/2023).

Dadan menambahkan, bahwa salah satu tujuan dari pemberian subsidi BBM RON 92 ini yakni untuk menekan kontributor polusi udara di Jakarta. 

"Pola konsumsi masyarakat yang mayoritas masih menggunakan BBM dengan RON rendah dan masih kurang kesadaran untuk memakai BBM RON tinggi," ujarnya.

Menurut Dadan, dengan penggunaan BBM yang memiliki oktan tinggi akan menghasilkan pembakaran yang lebih rendah emisi. 

"Secara teknis makin tinggi angka oktan pembakarannya makin bagus. Kalo pembakaran makin bagus, emisinya akan semakin sedikit,” terangnya

Setali tiga uang, Kementerian ESDM pun tengah mendiskusikan secara internal agar subsidi yang diberikan untuk BBM jenis Pertalite bisa dihapuskan dan dialokasikan untuk mensubsidi BBM yang memiliki RON lebih tinggi.

"Jadi, nanti segara akan ada dari Pak Menteri (Arifin Tasrif) tapi kami masih bahas di internal," pungkasnya.***