DPRD Apresiasi Si Votun Jabar, Aplikasi Keterbukaan Informasi Bagi Tunanetra

DPRD Apresiasi  Si Votun Jabar, Aplikasi Keterbukaan Informasi Bagi Tunanetra
H. Syahrir. S.E, M. Ipol, Anggota Komisi I DPRD Jabar

Wjtoday, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat telah menciptakan aplikasi khusus untuk bisa digunakan disabilitas netra dalam memperoleh informasi mengenai provinsi Jawa Barat.

Adalah Si Votun Jabar, Sistem Informasi Voice Over Bagi Tuna Netra di Jawa Barat yang saat ini sudah bisa diaplikasikan oleh para penyandang disabilitas netra Jabar. 

Penyandang disabilitas bisa langsung memberikan instruksi lewat suara terkait informasi publik di Jabar dalam aplikasi tersebut. Saat ini Diskominfo Jabar sudah melakukan uji coba Si Votun Jabar terhadap SLBA Pajajaran dan Balai Wyataguna dan tengah melakukan evaluasi.

Terkait Inovasi Aplikasi  Si Votun Jabar, Anggota Komisi I Jabar mengapresiasi aplikasi Si Votun Jabar yang dibuat oleh Diskominfo Jabar.

“Tentunya Keterbukaan Informasi Publik ini juga berlaku untuk masyarakat difabel salah satunya adalah masyarakat difabel dalam kategori Tuna netra (keterbatasan pada indra penglihatan) karena mereka juga berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi,” kata Syahrir saat berbincang di ruang kerjanya, maret 2021

Syahrir juga mengingatkan perlunya dibangun infrastruktur pendukung pelaksanaannya. Untuk menunjang hal tersebut, maka diperlukan adanya fasilitas akses aplikasi yang membantu masyarakat penyandang disabilitas netra.

Lebih lanjut Politisi Gerindra ini 
Mengatakan dengan adanya aplikasi ini perlu disosialisasikan secara masif kepada Masyarakat Tuna Netra agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik. 

Syahrir berharap Diskominfo akan terus menyediakan aplikasi yang memudahkan masyarakat termasuk tunanetra dalam mendapatkan informasi publik dengan mudah.***