Duet Anies-Ridwan Kamil Berpeluang Didukung PKS

Duet Anies-Ridwan Kamil Berpeluang Didukung PKS
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat bertemu di Sumedang, 11/06/21. ( istimewa)

Wjtoday, Bandung - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) punya kans di Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Mardani saat mengomentari pertemuan Anies-RK pada Jumat (11/6) pagi. Menurutnya, PKS memiliki hubungan baik dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sementara Ridwan Kamil merupakan salah satu kepala daerah yang berprestasi.

"PKS dekat dengan Mas Anies, dan punya hubungan historis yang baik. Kang Emil juga pemimpin berprestasi. Keduanya punya kans," kata Mardani kepada wartawan, Jumat (11/6).

Kendati demikian, PKS  kata Mardani belum bersikap, siapa yang akan didukung pada Pilpres 2024, tapi menurut Mardani, PKS tetap akan mengajukan kadernya sendiri, sebagaimana hasil Musyawarah Nasional 2020. Selain itu, komunikasi dengan semua pihak juga tetap dilakukan.

"Sesuai amanat  PKS akan mencoba mengajukan kader untuk Pilpres 2024," jelas anggota Komisi II DPR RI ini.

Diketahui, Anies dan RK bertemu usai melaksanakan salat subuh berjemaah di Masjid Agung Sumedang, Jabar, Jumat (11/6). Keduanya sarapan bersama di Warung Tahu Palasari, Sumedang. Sepiring tahu Sumedang dan teh botol yang lagi viral di kalangan politikus turut mendampingi keduanya.

Anies datang ke Sumedang untuk meneken kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dan Kabupaten Sumedang dalam sektor pertanian dan pemenuhan pangan. Ridwan Kamil hadir menjadi saksi dalam proses kerja sama itu.

Momen kedekatan Kedua Gubernur ini di tengah mulai hangatnya peta Pilpres 2024 seolah menegaskan pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menyebut hubungan personal dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sangat terjaga dengan baik sejak lama.

Ridwan Kamil menyebut hubungan antara dirinya dan Anies sangat baik. Keduanya sudah terbiasa saling mengapresiasi kinerja masing-masing. Namun memang jarang terekspos.

“Entah kenapa oleh media, saling menyapa hari ini selalu ditafsir selalu ada hubungannya dengan (Pilpres) 2024. Padahal sebelumnya juga sama. Kita WA-an. Pak anies ulang tahun saya posting,” katanya kepada media, kamis (3/6/21) 

Menurut pria yang akrab disapa Emil, budaya saling menguatkan antar pemimpin bisa berpengaruh positif terhadap masyarakat yang psikologis saat ini cenderung mudah bertengkar.

Di sisi lain, banyak kepala daerah, khususnya gubernur, seperti Anies maupun Ganjar datang satu generasi yang sama dengan dirinya. Ini diakui berpengaruh pada hubungan komunikasi yang mudah terjalin.

“Kami datang sama sama dari satu generasi, tupoksinya kebetulan sama ngurus daerah, sama sama gubernur, 50 persen pak anies, 50 persen pak Ganjar, itulah cinta saya kepada beliau-beliau,” ucap Ridwan Kamil.

Berkaitan dengan Pilpres 2024, dia mendoakan siapa pun yang dipercaya maju dan terpilih agar bisa melaksanakan amanah dengan baik. “Saya mendoakan siapa pun yang ditakdirkan mendapatkan sebuah amanah di masa depan, saya akan bahagia sekali karena datang dari generasi yang sama,” pungkasnya.***