Facebook, hingga Tiktok Jadi Aplikasi Terbanyak Dibagi di Share-it

Facebook, hingga Tiktok Jadi Aplikasi Terbanyak Dibagi di Share-it
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Facebook, WhatsApp, dan Tiktok menjadi aplikasi yang paling banyak dibagikan oleh para pengguna Share-it Indonesia sepanjang Februari 2023.

Perusahaan teknologi global Share-it meluncurkan kampanye “To Love is to Share” di platform media sosial Facebook dan Instagram sepanjang Februari 2023.

"Kampanye yang ditujukan untuk pengguna Share-it di Indonesia ini diharapkan dapat mendorong interaksi antar-para pengguna melalui fitur unik Share-it," kata Country Director for Indonesia, Malaysia, dan Thailand Sales at Share-it Group Aat Pangestu Hadi, dalam siaran pers pada Minggu.

Instagram menduduki posisi keempat sebagai aplikasi terbanyak yang dibagi pengguna Share-it, disusul Minecraft, Special Forces Group 2, Share-it, Messenger, Snapchat dan Facebook Lite.

Ratusan juta pengguna mengakses Share-it untuk mengirimkan aplikasi setiap harinya. Share-it merupakan aplikasi transfer terpopuler yang menggunakan teknologi transmisi jarak dekat untuk membangun jaringan area lokal bagi pengguna yang hanya memiliki dua perangkat. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk saling berbagi file harian tanpa Wi-Fi dan konsumsi data seluler.

Meskipun sudah ada teknologi transmisi seperti perangkat keras, jaringan, dan Bluetooth, sebanyak 90 persen pengguna Share-it memiliki kecepatan berbagi file hingga 40 megabit per detik, artinya dengan Share-it pengguna dapat 200 kali lebih cepat berbagi file dibandingkan dengan menggunakan Bluetooth.

Sebagai platform transmisi dengan basis pengguna yang besar, skema transmisi Share-it juga menawarkan metode yang telah teruji dan terbukti untuk meningkatkan trafik ke aplikasi, hal tersebut akan mendorong pengembangan aplikasi menjadi lebih baik dan mencapai manfaat yang optimal dari perkembangan internet seluler di Indonesia.

Menurut Data Reportal yang berjudul Digital 2022: Persentase koneksi seluler di Indonesia telah mencapai 370,1 juta pada tahun 2022, atau tumbuh sebesar 3,6 persen sejak tahun 2021. Sementara pengguna mobile internet mencapai 204,7 juta pengguna, dengan pertumbuhan lebih dari 1 persen per tahun, di mana mayoritas diakses menggunakan smartphone (93,3 persen).

"Dengan keunggulan unik di bidang transmisi, kami berharap Share-it dapat membantu perkembangan bisnis yang selama ini memanfaatkan pertumbuhan mobile Internet di Indonesia, seperti e-commerce dan gaming. SHAREit akan terus memantapkan kontribusinya untuk ikut mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan tumbuh dan mencapai 146 miliar dolar AS pada 2025 dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara," katanya.

Indonesia sendiri merupakan pasar yang strategis bagi Share-it, Share-it berhasil mendapat peringkat pertama sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh secara global dalam kategori utilitas & produktivitas atau manajemen file dan mendapatkan peringkat ke-10 sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di Indonesia, berdasarkan laporan tahunan data.ai, State of Mobile 2023.***