FIFA Izinkan Stadion GBK Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

FIFA Izinkan Stadion GBK Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Federasi Sepak Bola Internasional (Fédération Internationale de Football Association/FIFA) telah memberikan izin penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) digunakan sebagai kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. 

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

"Iya betul (FIFA izinkan digunakan untuk Piala AFF)," ujar Yunus Nusi, Rabu (30/11/2022).

Saat ini, FIFA pun telah memberikan surat elektronik kepada PSSI terkait penggunaan SUGBK. Namun FIFA telah melarang penggunaan SUGBK untuk digunakan pada agenda lain.

"Setelah konsultasi dengan FIFA Pitch Management kami menginformasikan bahwa kami tidak bisa menerima agenda (di GBK) yang akan berlangsung," tulis FIFA dalam surat yang ditujukan untuk PSSI.

Seperti yang diketahui, SUGBK direncanakan bakal menjadi tempat untuk menggelar dua konser. Hal tersebut pun dilarang oleh FIFA karena dianggap bisa merusak kualitas rumput yang ada di SUGBK.

"Mengadakan dua konser dalam beberapa hari kegiatan penyiapan dan pembongkaran di lapangan permainan tentu akan membuat lapangan menjadi stres yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana," tambah surat balasan FIFA.

Sebagai informasi, SUGBK akan digunakan sebagai salah satu stadion untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023. Oleh karena itu, SUGBK terus dipersiapkan supaya dapat menggelar turnamen tersebut secara maksimal.

Sebagai informasi, Piala AFF sendiri akan dilangsungkan pada tabggal 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Indonesia sendiri akan tergabung di dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei.***