Gubernur Pastikan Pembagian BLT BBM Lancar dan tak Ada Penumpukan Antrean

Gubernur Pastikan Pembagian BLT BBM Lancar dan tak Ada Penumpukan Antrean
Lihat Foto

WJtoday, Bekasi - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau proses pembagian Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak di Kantor Pos, Jalan Lapangan Multiguna, Kota Bekasi, Selasa (20/9/2022). 

Gubernur menilai sistem pembagian BLT di kantor pos yang melayani dua wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi itu sudah canggih dan tak ada penumpukan antrean. 

"Saya diminta pemerintah pusat untuk mengawasi pembagian BLT. Saya lihat sistem pembagian BLT di sini sudah sangat canggih," kata Ridwan Kamil. 

Kantor pos tersebut setiap harinya melayani rata-rata 1.000 orang per hari untuk pengambilan BLT. 

Warga yang datang terlebih dulu diperiksa KTP dan kartu keluarga. Petugas kemudian memverifikasi sebelum bantuan diserahkan. 

"Di sini ada 1.000-an per hari bisa dilaksanakan. Tadi saya pantau ada yang bawa kartu keluarga, KTP dicek dulu, diverifikasi, mereka antre, lalu dibayar dan difoto," jelas Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil. 

Adapun nominal BLT BBM tahap pertama ini sebesar Rp500.000 per orang. Tahap dua sebesar Rp300.000. 

Menurut Kang Emil, total penerima manfaat BLT BBM di Jabar sebesar hampir 20 persen penduduk. Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban ekonomi masyarakat. 

"Tahap pertama ini Rp500.000, dan tahap kedua Rp300.000. Mudah-mudahan membantu mengurangi tekanan ekonomi. Di Jabar hampir 20 persen warga dibantu oleh BLT," ungkapnya.  ***