Hari Kanker Sedunia 2022, Ini Makna Tema Kampanye 2022-2024 ‘Close The Care Gap’

Hari Kanker Sedunia 2022, Ini Makna Tema Kampanye 2022-2024 ‘Close The Care Gap’
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Selamat Hari Kanker Sedunia! Setiap tanggal 4 Februari, dunia menyambut Hari Kanker Sedunia yang memiliki tujuan untuk promosi riset kanker, pencegahan, kesadaran, peningkatan pelayanan kanker, dan mendorong komunitas global untuk bersama-sama melawan kanker.

Peringatan ini merupakan buah inisiatif global pada tahun 2000 yang dipimpin oleh Union for International Cancer Control (UICC), organisasi kanker internasional paling besar dan tertua di dunia.

Apa sih, yang membuat penyakit kanker begitu mendapat perhatian penting? Ini lantaran kanker menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia, yang mana tercatat ada 10 juta orang meninggal akibat kanker setiap tahunnya. Angka itu bahkan lebih banyak dari total kasus gabungan HIV/AIDS, malaria, dan TBC.

Diperingati dengan tema yang berbeda setiap tahunnya, pada Hari Kanker Sedunia 2022 kali ini mengangkat tema “Close The Care Gap”. Yuk, mari kita cari tahu bersama tentang maknanya!

Tahun ini merupakan kali pertama bagi Hari Kanker Sedunia untuk menggelar kampanye multi-tahun. Tema “Close The Care Gap” akan berlangsung dalam tiga tahun, dimulai dari tahun 2022 sampai 2024. Dengan ini berarti akan lebih banyak peluang eksposur dan keterlibatan untuk membangun kesadaran global dan pada akhirnya lebih banyak dampak.

“Close The Care Gap” menjadi pengingat bahwa semua orang berhak untuk mendapatkan pemerataan akses layanan kesehatan dan kanker yang lebih baik demi hidup yang lebih sehat.

2022: Menyadari Masalah

Tahun pertama kampanye "Close the Care Gap" adalah tentang memahami dan mengenali ketidakadilan dalam perawatan kanker di seluruh dunia.

Hari Kanker Sedunia 2022 menyoroti isu-isu utama seputar kesenjangan global dalam perawatan kanker, hambatan terhadap akses layanan dan fasilitas kesehatan penting bagi berdasarkan strata ekonomi, pendidikan, lokasi, dan diskriminasi tertentu, serta ketidaksetaraan dalam perawatan kanker yang menelan korban jiwa.

2023: Menyatukan Suara dan Mengambil Tindakan

Kampanye lanjutan ini orang-orang yang berpikiran sama akan bersatu untuk membangun aliansi yang lebih kuat dan berkolaborasi mengambil tindakan nyata yang inovatif.

2024: Bersama, Kita Tantang Mereka yang Berkuasa

Di tahun terakhir, kampanye ini akan menyuarakan kepada para pemimpin di tingkat yang lebih tinggi supaya mereka berkomitmen untuk memprioritaskan kanker dan menciptakan strategi inovatif.

Sebagai bagian dari warga dunia, kamu juga bisa ikut berpartisipasi dalam kampanye Hari Kanker Sedunia, loh! Melansir situs World Cancer Day, ada beberapa cara sederhana hingga luas yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Idenya seperti membagikan cerita dan komitmenmu melalui unggahan di media sosial, buka percakapan tentang kanker bersama teman/keluarga, memberikan donasi, atau pun advokasi untuk bertindak.

Terlibatlah dengan cara apa pun yang kamu bisa. Karena bersama-sama, kita bisa menciptakan perubahan.

Mengenal Makna dari Warna Simbol Pita

Berbicara soal kanker umumnya berkaitan dengan simbol pita. Namun, masih banyak masyarakat belum mengetahui makna dari warna simbol pita tersebut.

Simbol pita sendiri merupakan tanda wujud kepedulian terhadap kanker. Tetapi, apabila jenis kankernya berbeda, warna pitanya pun juga berbeda.

Adapun, kanker merupakan penyakit serius yang sifatnya ganas dan mematikan.

Bahkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah kasus tertinggi terkait penyakit kanker.

Berdasarkan data GLOBOCAN 2020, kasus kanker yang paling tinggi di Indonesia adalah kanker payudara dan leher rahim (serviks).

Dikutip dari laman resmi Lawan Kanker, inilah dia maknas simbol pita sesuai warnanya, berikut informasinya:

1. Pita Merah Muda (Pink)

Pita merah muda (pink) paling sering dikaitkan dengan kanker payudara. Selain itu, pita pink juga merupakan simbol dari kesadaran kanker pada anak.

2. Pita Kuning

Pita kuning merupakan simbol yang dikaitkan dengan kanker kandung kemih. Bahkan, pita ini juga sebagai simbol dari pencegahan bunuh diri dan spina bifida atau cacat lahir dengan tulang punggung.

3. Pita Merah Anggur

Pita warna merah anggur ini merupakan simbol dari multiple myeloma, kanker sumsum tulang, dan kanker mulut.

4. Pita Ungu

Pita ungu melambangkan kanker pankreas dan kanker testis. Selain itu, pita ini juga melambangkan Sindrom Attention Deficit Disorder (ADD), penyakit Alzheimer, kekerasan, dan perlindungan terhadap binatang (animal abuse).

5. Pita Abu-abu

Nah, untuk pita abu-abu ini kerap dikaitkan dengan kanker otak, diabetes, dan asma.

6. Pita biru

Warna pita berikutnya adalah biru. Wana ini memiliki simbol dari kepedulian pada kanker prostat. Selain itu, pita ini juga melambangkan anti penyiksaan kepada anak-anak, kanker usus besar, dan penyakit Chron.

7. Pita oranye

Pita warna oranye ini melambangkan kepedulian terhadap kanker ginjal, leukimia atau disebut leukemia, gizi buruk, sindrom Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), dan multiple sklerosis.

8. Pita hitam

Nah kalau pita berwarna hitam ini menandakan kepedulian terhadap melanoma (kanker kulit). Bahkan, digunakan juga untuk melambangkan kepedulian pada aksi terorisme, keadaan berkabung, dan kepedulian terhadap kecenderungan bunuh diri (seperti yang terjadi di Jepang).

9. Pita Emas

Selanjutnya warna pita emas melambangkan kepedulian dan dukungan pada penderita kanker di kalangan anak (childhood cancer).

10. Pita Bening / Clear Ribbon / Pearl Ribbon

Ada juga warna pita bening yang melambangkan dukungan dan perhatian terhadap kanker paru, emphysema, dan multiple sclerosis (penyakit sistem saraf pusat).

11. Pita Putih

Berikutnya ada warna pita putih yang melambangkan kepedulian terhadap kanker tulang, diabetes, keadilan, korban terorisme, perdamaian, hak asasi, pelecehan seksual terhadap pelajar, dan anti pornografi terhadap anak di bawah umur.

12. Pita Hijau

Kalau pita warna hijau melambangkan kepedulian terhadap kanker mata, depresi, anak hilang, kepedulian lingkungan, keselamatan kerja dan penyakit glaukoma.

13. Pita Hijau Kebiru-biruan

Ada juga warna pita hijau kebiru-biruan yang melambangkan kepedulian terhadap kanker ovarium, korban tsunami, anti bullying, hernia kongenital diafragma, penyakit Tourette Syndrome, dan neuralgia (penyakit saraf).

14. Pita Hijau Putih

Warna pita terakhir, yaitu hijau putih digunakan untuk kepedulian terhadap kanker serviks.***