Hasil FIFA Matchday: Timnas Indonesia 2-1 Curaçao

Hasil FIFA Matchday: Timnas Indonesia 2-1 Curaçao
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan 2-1 atas Timnas Curacao di laga kedua FIFA Matchday. Laga panas tersebut berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022). 

Gol cepat Tim Garuda diciptakan oleh Dimas Drajad pada menit kedua. Namun Curacao membalasnya di awal babak kedua lewat sepakan Jeremy Antonisse. Indonesia lantas kembali membalas lewat pemain pengganti Dendy Sulistyawan (86').

Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan pada awal babak pertama. Meski dalam tempo yang kurang cepat, namun belum ada serangan yang mengancam gawang tim lawan.

Memasuki menit kedua Indonesia justru mendapat peluang lewat kaki Witan Sulaeman. Sepak kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu diantisipasi dengan baik oleh Jeremy Bodak. Bola rebound pun langsung disambar oieh Dimas Drajad. 1-0 Indonesia unggul cepat.

Empat menit berselang Curacao berusaha bangkit. Mereka membangun serangan dari sisi sayap kiri. Namun sayang upaya mereka masih melebar dari gawang Syahrul Trisna.

Tensi permainan semakin keras di 15 menit babak pertama. Upaya serangan yang dibangun oleh Witan dan Dimas pun harus digagalkan lewat tekel keras oleh pemain belakang Curacao, yang berbuah kartu kuning.

Memasuki menit ke-24, Curacao berusaha menekan. Mereka terus mengepung lini pertahanan Indonesia dengan umpan-umpan atas. Beruntung Tim Garuda mampu menyerang balik.

Kali ini serangan dibangun oleh Egy Maulana Vikri yang dijegal bek tim lawan dan menghasilkan tendangan bebas. Egy lantas mengirim bola ke dalam kotak penalti, namun tandukan Rizky Ridho masih jauh dari gawang Bodak.

Curacao pun tak mudah menyerah. Mereka berulang kali memberikan ancaman ke gawang Indonesia. Namun hingga peluit babak pertama dibunyikan Indonesia masih unggul 1-0 atas tamu mereka.

Di babak kedua Curacao mencoba lebih ofensif. Mereka lantas memasukan Jeremy Antonisse. Hasilnya pun cukup efektif. Berawal dari kegagalan Rizky Ridho yang menutup umpan trobosan, bola langsung diterima oleh Jeremy. Pemain Jong PSV itu dengan tenang menceploskan bola ke gawang Syahrul. 1-1 skor menjadi imbang.

Memasuki menit ke-50 Indonesia berusaha membangun serangan lewat aksi satu dua Arhan dan Saddil. Serang itu pun digagalkan oleh Juninho Bacuna yang berbuah kartu kuning. Tiga menit setelahnya Ricky Kambuaya digantikan oleh Marselino Ferdinan untuk menambah daya gedor Tim Garuda.

Di menit ke-57, Indonesia mendapat peluang lewat kerjasama Dimas dan Saddil. Sayang tembakan akurat dari Saddil hanya berbuah sepak pojok untuk Indonesia.

Pada menit ke-65, Dendy Sulistyawan masuk untuk menggantikan Egy yang mengalami masalah pada kakinya. Sementara Dimas juga ditarik oleh Shin Tae-yong untuk digantikan dengan Muhammad Rafli.

Curacao pun tak mau menyerah, mereka terus mengusai bola dan selalu melanggar para pemain Indonesia saat melakukan serangan balik. STY lantas menarik Saddil dan Arhan untuk digantikan oleh Ramadhan Sananta dan Muhammad Ferarri.

Tensi keras pun berjalan hingga 10 menit terakhir. Curacao harus bermain dengan 10 orang pemain usai Juninho Bacuna menerima kartu kuning kedua saat melakukan tekel keras ke arah Marselino.

Unggul jumlah pemain Indonesia berusaha mengepung pertahanan Curacao. Kerja keras Tim Garuda pun berbuah manis di menit ke-86, berawal dari aksi individu Witan di dalam kotak penalti, dia cerdik memberikan umpan yang disambar oleh Dendy. 

Usai tertinggal, Curacao terus berusaha melakukan permainan keras. Namun begitu Indonesia akhirnya mampu meraih kemenangan dengan skor 2-1 hingga bubaran.

TIMNAS INDONESIA (3-4-3): Syahrul Trisna; Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Yakob Sayuri, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Pratama Arhan; Egy Maulana Vikri, Dimas Drajad, Saddil Ramdani.
Pelatih: Shin Tae-yong

TIMNAS CURACAO (3-4-3): Jeremy Bodak; Shane Ogenia, Alexandro Markelo, Aurelio Jeang-Carlo Martina; Juninho Bacuna, Johan Bacuna, Luis Bonevacia, Efraim Matina; Magno Nepomuceno, Joel Gorre, Maria Janga.
Pelatih: Remko Marcelo Valentino Bicentini