Hasil Persib Vs Persita: Maung Bandung Menang Tipis

Hasil Persib Vs Persita: Maung Bandung Menang Tipis
Lihat Foto

WJtoday, Bantul  - Persib Bandung berhasil memetik tiga poin saat menghadapi Persita Tangerang pada laga lanjutan Liga 1 2022-2023 pekan ke-16, Rabu (21/12/2022) di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Hasil Persib vs Persita berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Pangeran Biru. Sundulan tipis Achmad Jufriyanto "diteruskan" oleh bek Persita, Arif Setiawan, dan berbuah gol kemenangan tersebut.

Jupe, sapaan akrab Jufriyanto, tak tercatat sebagai pencetak gol Persib. Akan tetapi, gol dianggap gol bunuh diri Arif Setiawan.

Berkat hasil Persib vs Persita, Pangeran Biru belum merasakan kekalahan sejak Luis Milla datang. Mereka mengemas delapan laga dengan tujuh kemenangan dan satu hasil imbang.

Sementara itu, dua kiper cadangan bermain di laga Persib vs Persita. Kiper Maung Bandung, Reky Rahayu, diganti pada babak kedua karena mengalami permasalahan di bagian bahu.

Sementara penjaga gawang Persita, Dhika Bayangkara, sempat berdarah setelah mengalami benturan.

Babak 1

Persib Bandung mendominasi permainan sejak awal. Henhen Herdiana membuka peluang Pangeran Biru pada menit ke-7 lewat tendangan kaki kanan.

Sepakan Henhen begitu lemah sehingga mudah diamankan oleh kiper Persita, Dhika Bayangkara.

Serangan bertubi-tubi diberikan Persib pada menit ke-25. Berawal dari Arsan Makarin merebut bola di kotak penalti, dilanjut dengan tiga sepakan ke gawang. Akan tetapi, semuanya berhasil diblok kiper maupun bek lawan.

Laskar Cisadane, julukan Persita, sejatinya bisa memberikan perlawanan. Fahreza Sudin kerap menjadi playmaker dari serangan mereka. Hanya saja, mereka sulit membuat serangan mengarah ke gawang.

Peluang terbaik mereka tercipta pada menit ke-29 lewat tendangan bebas Ramiro Fergonzi. Eksekusi Fergonzi dihadang oleh Ezra Walian, tetapi malah berbelok ke gawang sendiri. Kiper Reky Rahayu berhasil menepisnya dan hanya berbuah sepakan pojok.

Luis Milla membuat pergantian pemain pada akhir babak pertama, menarik keluar Robby Darwis dan memasukkan Abdul Aziz Lutfi Akbar. 

Persib Bandung berhasil mencetak gol pada menit-menit akhir berkat sundulan Achmad Jufriyanto. Dia memaksimalkan skema tendangan sudut pada menit ke-45. Persib unggul 1-0.

Babak 2

Persita Tangerang tampil lebih menekan sejak awal babak kedua. Serangan-serangan mereka membuat kiper Reky Rahayu jatuh bangun dan sering keluar dari sarangnya.

Perjuangan Reky Rahayu pada laga tersebut harus berhenti ketika dia mengalami masalah pada bagian pundak. Dia kemudian digantikan oleh I Made Wirawan pada menit ke-68.

Tidak berselang lama, kiper Persita Tangerang, Dhika Bayangkara, juga jadi "korban". Dia mengalami pendarahan di bagian hidungnya setelah benturan. Dhika kemudian digantikan oleh Rizky Darmawan pada menit ke-76.

Banyak menit yang terkuras karena kejadian tersebut. Di sisi lain, tempo permainan tak secepat dibanding awal babak kedua.

Persita yang awalnya begitu dominan, berbalik tertekan. Terlebih dengan serangan cepat dari Persib Bandung. Bahkan, Ramiro Fergonzi harus turun ke belakang membantu pertahanan.

Susunan Pemain Persib Bandung Vs Persita Tangerang

Persib Bandung (3-4-3): 34-Reky Rahayu (PG) (15-I Made Wirawan 68'); 6-Robby Darwis (8-Abdul Aziz Lutfi Akbar 39'), 2-Nick Kuipers, 11-Dedi Kusnandar; 12-Henhen Herdiana, 16-Achmad Jufriyanto, 21-Frets Butuan (5-Kakang Rudianto 68'), 30-Ezra Walian (93-Erwin Ramdani 68'); 32-Victor Igbonefo, 70-Arsan Makarin (7-Arsan Makarin 55'), 77-Ciro Alves.

Pelatih: Luis Milla

Persita Tangerang (4-3-3): 81-Dhika Bayangkara (PG) (30-Rizky Darmawan 75'); 2-Agustin Cattaneo, 55-Mohammad Rifki, 31-Arif Setiawan (66-Mario Jardel 46'), 11-Muhammad Toha; 33-Bae Sin-Yeong, 17-Paulo Sitanggang, 88-Fahreza Sudin; 6-Elisa Basna (77-Ghozali Siregar 79'), 10-Ezequiel Vidal (20-Wildan Ramdhani 79'), 9-Ramiro Fergonzi.***