IDI: Pakai Masker Sesuai Standar, 90 Persen Lindungi dari Penularan Covid-19

IDI: Pakai Masker Sesuai Standar, 90 Persen Lindungi dari Penularan Covid-19
Penggunaan Masker
WJtoday, Jakarta - Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Faqih meminta masyarakat menggunakan masker sesuai standar untuk melindungi diri dari penularan virus corona atau Covid-19.

Ia mengatakan, penggunaan masker yang baik dan benar hingga saat ini sangat penting meski masih ada kemungkinan keluarnya droplet dan microdroplet, saat pemakaian masker dalam jangka waktu panjang.

"Pemakaian masker yang sesuai (masker bedah, N95, KN 94, KF 94) dapat melindungi hingga 90 persen penularan dan tertular," kata Daeng dalam diskusi bertajuk "Refleksi 1 Tahun Pandemi Covid-19" secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Daeng juga mengatakan, bantuan masker yang diterima para tenaga kesehatan harus sesuai standar agar mereka terhindar dari penularan virus corona.

"Karena menurut jurnal internasional, salah satu penyebab nakes itu banyak sekali sakit, itu karena menggunakan APD yang tidak standar, karena itu saya dorong nakes itu harus APD-nya sesuai standar," ujarnya.

Lebih lanjut, Daeng mengatakan, laporan penelitian dari berbagai negara menunjukkan bahwa 5-80 persen kasus positif Covid-19 tidak memiliki gejala.

Untuk itu, ia meminta masyarakat memperketat penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Hal ini akan menjadi penyulit dalam pengendalian karena tidak mungkin setiap hari semua orang dites," kata dia.***