Indramayu Konsisten Dukung Gerakan Indonesia Membaca

Indramayu Konsisten Dukung Gerakan Indonesia Membaca

WJtoday, Indramayu - Gerakan Indonesia Membaca (GIM) terus konsisten disosialisasikan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta stakeholder lainnya tak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu.

Sejak dicanangkan pada tahun 2015, GIM menjadi upaya yang dilakukan dalam mempromosikan pentingnya membaca sebagai modal utama dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat.

“Kegiatan ini diselenggarakan adalah membangun kesadaran pentingnya literasi dan gerakan membaca di lingkungan masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DISPUSIPDA) Provinsi Jawa Barat, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka dalam kegiatan Gelar Wicara Gerakan Indonesia Membaca dan Workshop Sepekan Satu Buku Resensi Berbasis Wilayah yang diselenggarakan di Bandung, 25-26 Juni 2024.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana menjelaskan, beberapa hal yang ditekankan dalam komitmen bersama tersebut diantaranya adalah mengawal program literasi menjadi program prioritas pembangunan daerah.

Program tersebut terakomodir dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) serta menyediakan dukungan ketersediaan sumber daya baik itu sarana prasarana maupun anggaran dan personel pengelolaan perpustakaan di wilayah masing-masing.

Menyikapi hal tersebut, dikatakan Aan, Pemkab Indramayu terus berupaya membumikan gerakan membaca tersebut diantaranya menyediakan fasilitas perpustakaan yang lengkap dan nyaman, menghadirkan perpustakaan keliling yang hadir di setiap kegiatan masyarakat serta mengimbau penyediaan sudut baca dan terus mendorong keaktifan perpustakaan baik di tingkat kecamatan maupun desa.

“Sesuai dengan arahan ibu bupati, Pemkab Indramayu secara konsisten terus meningkatkan literasi masyarakat terutama melalui membaca," kata Aan dalam siaran pers, dikutip Sabtu (29/6/2024).

"Bahkan perpustakaan keliling yang tersedia di DPA Kabupaten Indramayu kami upayakan untuk hadir dalam kegiatan masyarakat sebagai bentuk keseriusan kami terkait hal tersebut yang diharapkan dengan meningkatnya minat baca dapat mendorong peningkatan IPM di Kabupaten Indramayu,” tandasnya.  ***