Ingatlah Azab Besar bagi Mereka yang Suka Pamer Aurat

Ingatlah Azab Besar bagi Mereka yang Suka Pamer Aurat
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Bagi sebagian kalangan, apalagi yang masih muda-muda barangkali tidak menutupi aurat adalah hal biasa,  bahkan sengaja menggunakan pakaian terbuka agar bagian tubuh mereka dilihat dan dikagumi oleh orang lain. 

Terlebih kini media sosial semakin memudahkan jadi etalase para pengumbar aurat. Dari artis hingga masyarakat umum seakan tak risi, malah menjadi-jadi.

Seolah tidak takut dengan ancaman Allah Swt sebagai akibat tidak menutup aurat.

Lalu bagaimana pandangan Islam dan apa akibatnya bagi orang dewasa muslim yang suka pamer auratnya di muka umum? Allah SWT berfirman yang artinya:

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan… ” (QS. Al-A’raaf: 26).

Secara definisi aurat adalah bagian dari tubuh manusia yang wajib ditutupi dari pandangan orang lain dengan pakaian. Menampakkan aurat bagi umat Islam dianggap melanggar syariat dan dihukumi sebagai sebuah dosa.

Dalam Islam, aurat bagi perempuan adalah seluruh tubuhnya, kecuali kedua telapak tangan dan muka, sedangkan untuk pria adalah antara pusar hingga lutut.

Sedangkan dalam pengertian istilah, aurat dapat dimaknai sebagai sesuatu yang sangat privat (privacy). Aurat bersifat aib dan rahasia.  Sehingga hanya boleh diketahui oleh orang-orang tertentu saja.

Kategori aib di sini termasuk apa yang membuat diri kita malu bila hal itu orang lain tahu. Termasuk kekurangan yang ada pada diri kita, rahasia suami istri, dan dosa-dosa yang sengaja kita sembunyikan didepan manusia.

Selain keburukan yang datang setelah mati akibat mengumbar aurat ternyata perbuatan itu juga menimbulkan keburukan di dunia. 

Salah satu dampak negatif adalah menjadi sasaran pelecehan seksual dan hingga jadi korban kejahatan seperti pemerkosaan.

Jika sudah seperti itu maka tidak ada lagi yang perlu disesali. Sebab hal itu dimulai dari kesalahan kita sendiri yang tidak menjaga tubuh kita menjadi mangsa laki-laki yang didalam hatinya ada niat jahat. Justru kita mengundang terjadinya kejahatan itu pada diri sendiri.

Bahaya pamer aurat apalagi dengan sengaja mempostingnya di media sosial yang memungkinkan jutaan orang melihatnya tentu lebih dahsyat efek ancaman azab dan dosa sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadits diantaranya:

Pertama, pengumbar aurat akan mendapatkan adzab yang pedih di dunia dan di akhirat, karena mereka menjadi sebab utama tersebarnya perbuatan keji zina.

Kedua, pengumbar aurat tidak masuk surga, bahkan tidak akan mencium wanginya surga.

Ketiga, mengumbar aurat termasuk perbuatan yang mendatangkan laknat, dan itu termasuk ciri dosa besar. Keempat, mengumbar aurat merupakan tindakan pamer maksiat.

Serta yang terakhir, tidak diterima sholat wanita dewasa kecuali yang memakai khimar (jilbab).  ***

(Sumber: acehsatu.com)