Istana Undang Ribuan Warga Hadiri Langsung Peringatan HUT Ke-77 RI

Istana Undang Ribuan Warga Hadiri Langsung Peringatan HUT Ke-77 RI
Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka. ©2021 ( Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

WJtoday, Jakarta - Setelah dua tahun melewati pandemi Covid-19, Tahun ini peringatan HUT ke-77 RI di Istana Kepresidenan, Jakarta  kembali terbuka untuk masyarakat.

Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono mengatakan kalau pihaknya mengundang masyarakat untuk datang ke Istana meskipun masih dalam jumlah terbatas. Untuk upacara pagi hari, jumlah warga yang bisa masuk ialah kisaran 1.000 hingga 2.000 orang.

"Kita tambahkan pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat terbatas, masih terbatas. Kurang lebih seribu sampai dua ribu, kurang lebih dua ribuan pada pagi hari, dan dua ribu sampai tiga ribu di sore hari," kata Heru Budi Hartono dalam jumpa pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Senin (1/8/22).

Dia mengatakan masyarakat yang mendaftar sudah mencapai kapasitas maksimal. Sehingga, kata Heru, pendaftaran untuk masyarakat mengikuti peringatan HUT RI di Istana sudah ditutup.

"Mulai hari ini di daftar sudah sampai di posisi dua ribu, maka undangan untuk masyarakat sudah selesai maksudnya sudah habis karena keterbatasan tempat dan segala macam," ujar dia.

Heru menjelaskan masyarakat juga bisa mengikuti peringatan HUT ke-77 RI secara virtual. Mereka diharuskan mendaftar lewat situs yang telah ditentukan.

"Melalui yang telah dikoordinir oleh di bawah Pak Deputi Pers Media sudah di undang juga sudah ditayangkan bisa mengunduh di website yang sudah di tentukan," ujar Heru.

Heru mengatakan peringatan HUT ke-77 RI di Istana ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Sejumlah pejabat juga bakal diundang untuk menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana nanti.

"Kami akan mengundang para menteri para ketua lembaga dan juga beberapa petinggi perwira tinggi TNI-Polri," ujar Heru.

Pihak Istana juga sudah memulai rangkaian acara HUT ke-77 RI di mana pada sore nanti akan ada acara zikir kebangsaan yang dilangsungkan di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta. Heru menyebut kalau Jokowi akan hadir dalam acara tersebut.

"Di 1 Agustus sore ini kita membukanya dengan acara zikir kebangsaan yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh lintas agama dan juga bapak presiden RI juga akan hadir di sore hari sampai dengan menjelang malam."ungkapnya.***