PIALA DUNIA 2022 QATAR

Jadwal Siaran dan Ulasan Uruguay Vs Korsel: Menanti Lagi Kejutan Tim Asia

Jadwal Siaran dan Ulasan Uruguay Vs Korsel: Menanti Lagi Kejutan Tim Asia
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Timnas Uruguay akan menghadapi Timnas Korea Selatan di Education City Stadium pada matchday 1 Grup H Piala Dunia 2022. 

Pertandingan ini dijadwalkan kick-off Kamis (24/11/2022) jam 20.00 WIB. Tayangan langsung laga ini bisa disaksikan lewat layar kaca saluran SCTV.

Perlu diketahui, saat ini La Celeste -julukan Timnas Uruguay- menempati peringkat 14 di ranking FIFA. Sementara Taegeuk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan, mereka menduduki ranking 28 FIFA.

Di atas kertas, Uruguay mampu menguasai pertandingan. Namun, tim asuhan Diego Alonso itu punya catatan buruk dalam pertemuan terakhirnya melawan tim Asia.

Hal itu dialami Uruguay di laga persahabatan kontra Iran pada 23 September 2022. Diperkuat skuad yang hampir sama dengan Piala Dunia, mereka takluk dengan skor 0-1.

Sementara itu, Korea Selatan terbukti mampu menyulitkan lawan-lawan non-Asia lainnya di lima laga terakhir. Tim asuhan Paulo Bento itu menang atas Islandia (1-0), Kamerun (1-0), dan mengimbangi Kosta Rica (1-1).

Uruguay dan Korea Selatan sama-sama masih harap-harap cemas seputar kesiapan dua pemain pentingnya. Mereka adalah bek Ronald Araujo dari kubu Uruguay dan kapten Son Heung-min dari pihak Korea Selatan.

Selain mereka, pemain-pemain lainnya dikabarkan berada dalam kondisi siap tempur. Dengan kata lain, duel Uruguay kontra Korea Selatan bakal tetap berlangsung seru.

Korea Selatan memiliki tim yang terbilang solid. Di belakang, ada Kim Min-jae yang merupakan palang pintu Napoli. Lee Jae-sung (Mainz), Hwang Hee-chan (Wolverhampton), Lee Kang-in (Mallorca), hingga Jeong Woo-yeong (Freiburg) bisa diandalkan untuk urusan ofensif.

Namun, harus diakui bahwa kekuatan Uruguay masih lebih mengerikan. Dengan pemain-pemain seperti Jose Gimenez (Atletico Madrid), Rodrigo Bentancur (Tottenham), Lucas Torreira (Galatasaray), Federico Valverde (Real Madrid), Darwin Nunez (Liverpool).

Belum lagi eks striker Barcelona dan Atletico yang kini membela Nacional, Luis Suarez, Uruguay bakal lebih difavoritkan menang.

Dari rekor pertemuan, Uruguay mendominasi dalam lima pertemuan terakhir. Mereka mengantongi 4 kemenangan dan 1 kekalahan. Menariknya, satu-satunya kekalahan Uruguay terjadi di pertemuan terakhir pada laga persahabatan 2018 dengan skor 0-1.

Kedua tim pun sempat bersua di Piala Dunia pada 1990 dan 2010. Di kesempatan itu, Uruguay memenangkan laga dengan skor masing-masing 1-0 dan 2-1.

Dari kualitas para pemain yang lebih mumpuni, serta rekor pertemuan antara keduanya, pasar taruhan dan para pengamat lebih menjagokan Uruguay bakal memenangkan pertandingan ini.

Tetapi Korsel bukan tim yang bakal mudah ditundukkan, pasukan sekelas Jerman pun pernah dikalahkan di ajang piala dunia. 

Apalagi setelah melihat kemenangan mengejutkan Arab Saudi atas Argentina dan Jepang yang menekuk Jerman. Maka bukan tidak mungkin Korsel kembali memberikan kejutan. Kebangkitan Asia Power.

Prakiraan Susunan Pemain

Uruguay (4-3-3): Sergio Rochet; Mathias Olivera, Jose Gimenez, Diego Godin, Guillermo Varela; Rodrigo Bentancur, Lucas Torreira, Federico Valverde; Darwin Nunez, Luis Suarez, Facundo Pellistri.
Pelatih: Diego Alonso (Uruguay).

Korea Selatan (4-3-3): Kim Seung-gyu; Kim Jin-su, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, Yoon Jong-gyu; Kwon Chang-hoon, Hwang In-beom, Jeong Woo-yeong; Son Heung-min, Hwang Ui-jo, Hwang Hee-chan.
Pelatih: Paulo Bento (Portugal).  ***