PIALA DUNIA 2022 QATAR

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Juara Bertahan Prancis Ditantang Australia

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Juara Bertahan Prancis Ditantang Australia
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Timnas Prancis akan menghadapi Australia di Al Janoub Stadium pada matchday 1 Grup D Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Pertandingan ini dijadwalkan kick-off mulai pukul 02.00, dan tayangan langsungnya bisa disaksikan di layar SCTV.

Pertandingan ini merupakan pembuka jalan Les Bleus –julukan Timnas Prancis– mempertahankan gelar Piala Dunia. Timnas Prancis datang ke Piala Dunia 2022 dengan menyandang status juara bertahan.

Timnas Prancis jelas diunggulkan untuk menang. Status juara bertahan mereka tentunya akan menjadi nilai plus secara mentalitas. 

Namun yang menjadi persoalan, anak asuh Didier Deschamps itu sedang dalam performa kurang meyakinkan. Mereka hanya memenangi satu dari lima laga terakhirnya di semua kompetisi.

Sementara, badai cedera seolah tak henti menerjang kubu sang juara bertahan. Setelah Paul Pogba dan N'Golo Kante dipastikan tak bisa fit tepat waktu, mereka pun tak dipanggil ke skuad. 

Tak berhenti sampai di situ, Presnel Kimpembe, Christopher Nkunku, dan Karim Benzema juga batal tampil di Qatar, padahal mereka sudah masuk daftar pemain resmi.

Benzema adalah kasus teranyar. Striker Real Madrid pemenang Ballon d'Or itu 2022 itu dipastikan harus absen dan dicoret dari skuad. 

Prancis tak memanggil penggantinya. Alhasil, Les Bleus pun kini cuma berkekuatan 25 pemain dalam upaya mereka untuk mempertahankan gelar.

Namun, Prancis masih diunggulkan. Sebab, Prancis memiliki kedalaman skuad yang luar biasa. Masih ada Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Kingsley Coman, hingga striker veteran Olivier Giroud yang bisa diandalkan di lini serang.

Laga Prancis melawan Australia nanti ibarat deja vu Piala Dunia 2018. Empat tahun lalu, dua tim ini juga berada satu grup di Rusia. Waktu itu, mereka juga bertemu pada laga pertama, di mana Prancis menang 2-1 atas Australia.

Namun Prancis harus mewaspadai timnas Australia yang belakangan sedang tampil baik. Tim besutan Graham Arnold itu memang tak diunggulkan. 

Tapi, mereka sedang dalam performa bagus, melibas lima laga terakhir di semua kompetisi dengan kemenangan.

Berdasarkan catatan rekor pertemuan dan kualitas pemain yang lebih mumpuni, hampir semua pengamat dan pasar taruhan menjagokan Les Bleus bakal memenangkan pertandingan.

Prancis (4-3-1-2): Hugo Lloris; Lucas Hernandez, Ibrahima Konate, Raphael Varane, Benjamin Pavard; Adrien Rabiot, Youssouf Fofana, Aurelien Tchouameni; Antoine Griezmann; Kylian Mbappe, Olivier Giroud.
Pelatih: Didier Deschamps (Prancis).

Australia (4-2-3-1): Mathew Ryan; Aziz Behich, Kye Rowles, Harry Souttar, Nathaniel Atkinson; Jackson Irvine, Aaron Mooy; Mathew Leckie, Ajdin Hrustic, Awer Mabil; Jamie Maclaren.
Pelatih: Graham Arnold (Australia).  ***