Jelang Puncak Haji, Jemaah Indonesia Mulai Berangkat ke Arafah

Jelang Puncak Haji, Jemaah Indonesia Mulai Berangkat ke Arafah
ilustrasi Jemaah Haji berdoa di Jabal Rahmah dekat tepi Arafah saat ibadah haji, Arab Saudi. (twitter)

WJtoday, Jakarta - Pelaksanaan haji di Tanah Suci segera mencapai puncaknya. Jamaah haji Indonesia pun mulai diberangkatkan ke Arafah pada hari ini, 8 Zulhijjah atau 7 Juli 2022.

Jemaah haji asal Indonesia dibagi dalam tiga waktu perjalanan. Kepala Daerah Kerja Makkah Mukhammad Khanif menjelaskan, pada trip pertama jamaah haji diberangkatkan ke Arafah pada pukul 07.00-10.00 waktu Arab Saudi (WAS), kemudian pukul 10.00-14.00 WAS dan trip terakhir pukul 14.00-17.00 WAS. 

"Diharapkan sampai dengan pukul 17.00 seluruh jamaah haji sudah diberangkatkan dari Makkah ke Arafah," kata Khanif di Makkah, Kamis (7/7/2022).

Nantinya, jamaah haji Indonesia akan dijemput dari hotel menuju Arafah menggunakan bus yang sudah disiapkan penyedia layanan di Masyair. Khanif menjelaskan pemberangkatan jamaah haji ke Arafah menggunakan 16 bus dari masing-masing maktab yang diurutkan berdasarkan penentuan oleh maktab dan ketua-ketua kloter.

"Jadi pemberangkatan bukan berdasarkan sektor tapi per maktab, jadi maktab sudah membuat perjanjian dengan ketua-ketua sektor di masing-masing maktab," ujar Khanif.

Nantinya seluruh maktab akan memberangkatkan jamaah haji Indonesia ke Arafah. Diketahui, jamaah haji Indonesia memiliki urutan maktab dari 1-43. Masing-masing maktab akan memberangkatkan sesuai kesepakatan.

Para petugas haji yang tergabung dalam PPIH akan  memonitor seluruh maktab untuk mengawal pergerakan jamaah haji Indonesia dari maktab 1 hingga maktab 43. 

"Sampai pukul 17.00 Insya Allah sudah berangkat  semua dan kita berharap tahun ini semoga bisa lancar dan semua jamaah haji bisa diberangkatkan sebelum malam hari," tambah Khanif.

Di sisi lain, para petugas di masing-masing sektor juga akan melakukan sweeping di hotel untuk memastikan seluruh jamaah terangkut naik bus menuju Arafah. Setelah dinyatakan tidak ada jamaah, baru petugas diberangkatkan ke Arafah.

“Di Masjidil Haram kita ada petugas khusus, ini juga akan lakukan sweeping setelah jamaah diberangkatkan ke  Arafah," ujarnya.

Khanif berharap jamaah haji menjaga kesehatan untuk pelaksanaan puncak haji pada Jumat, 8 Juli 2022. Jamaah juga bisa membawa bekal makanan seperti kurma dan sebagainya untuk tambahan supaya menyegarkan badan.

“Jangan  lupa karena ini cuaca panas mungkin selalu bawa air minum," tukasnya.***