Joe Biden Menang Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Joe Biden Menang Pemilihan Presiden Amerika Serikat
Kandidat dari Partai Demokrat Joe Biden memenangkan kursi kepresidenan Amerika Serikat (AS).

Wjtoday, Washington - Kandidat dari Partai Demokrat Joe Biden memenangkan kursi kepresidenan Amerika Serikat (AS). Biden akan menjadi presiden AS ke-46.

Sementara Kamala Harris yang merupakan senator dan mantan jaksa agung California, akan mengukir sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yang duduk di kursi nomor 2 Gedung Putih.

Beberapa jaringan televisi utama AS melaporkan, Biden melangkah ke Gedung Putih mengalahkan Donald Trump, setelah memenangkan suara di Pennsylvania.

Dari negara bagian Pennsylvania, Biden mendapatkan 20 electoral votes dan sudah cukup untuk mengamankan suaranya.

Biden kini mengantongi 273 electoral votes, melebihi minimal 270 electoral votes yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan Presiden AS. Sementara Donald Trump hanya meraih 214 electoral votes, menurut data Edison Research.

Reuters melaporkan, para pemilih sepertinya dengan tegas menolak kepemimpinan yang kacau dari Donald Trump dan memilih janji Biden untuk memerangi pandemi virus corona dan memperbaiki ekonomi AS.

Biden yang juga mantan wakil presiden AS akan resmi memasuki Gedung Putih pada 20 Januari 2021 mendatang. Biden akan menjabat Presiden AS pada usia 78 tahun. Dia kemungkinan akan menghadapi tugas sulit memerintah di Washington yang sangat terpolarisasi.

Pada Jumat lalu, Biden mengatakan,  dia berharap untuk memenangkan perlombaan tetapi menahan diri untui memberikan pidato kemenangan.

Pemilu kali ini diikuti oleh pemilih paling banyak sejak 1900.

Biden meraih lebih dari 73 juta suara sejauh ini, suara paling banyak untuk calon presiden dalam sejarah Amerika.

Kemenangan ini menjadikan Biden sebagai presiden AS yang ke-46, dan presiden tertua di Amerika dengan usia yang menginjak 78 tahun.

Trump sebelumnya memperingatkan Biden untuk tidak mengumumkan kemenangan - sehari setelah dia sendiri menyatakan kemenangan, walaupun penghitungan masih pada tahap awal.

Secara keseluruhan, jumlah pemilih yang memberikan suara dalam Pilpres AS merupakan yang tertinggi dalam 120 tahun yaitu sekitar 66.9%.***