Jojo Lolos ke Semifinal BAC 2022, Ginting Harus Terhenti di Perempat Final

Jojo Lolos ke Semifinal BAC 2022,  Ginting Harus Terhenti di Perempat Final
Lihat Foto

WJtoday, Filipina - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, melenggang ke babak semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Sementara, langkah Anthony Sinisuka Ginting harus terhenti.

Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Jumat (29/4/2022) malam WIB, Jonatan Christie berhasil kalahkan wakil Singapura, Loh Kean Yew, dan Anthony Sinisuka Ginting harus akui keunggulan wakil China, Weng Hong Yang.


Jalannya Pertandingan 

Jonatan Christie bertemu VS Loh Kean Yew

Jojo Gusur Ginting di Peringkat BWF

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie bertemu wakil Singapura, Loh Kean Yew di BAC 2022. Pertandingan berlangsung ketat selama 47 menit sebelum pada akhirnya Jojo menyudahi duel ini dengan skor 22-20, 23-21.

Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Jumat (29/4/2022) malam WIB, pebulu tangkis asal Jakarta itu mendapat perlawanan sengit dari Loh. Meski begitu, Jojo dapat menjaga fokus, utamanya di poin-poin kritis.

Set pertama baru dimulai, Jojo sempat tertinggal 0-2 dari Loh. Tunggal putra Singapura itu langsung tancap gas dan mengendalikan permainan. Alhasil, Jojo sementara harus tertinggal di interval set pertama dengan skor 9-11.

Laga pun berlanjut, kedua pemain itu bermain sengit. Namun, Jojo tak mau terus diserang oleh Loh. Dia berusaha mengejar ketertinggalannya dan merubah skor menjadi 10-11.

Dengan usahanya yang begitu keras, Jojo pun dapat membalikan keunggulan, skor menjadi 19-17. Namun, Loh lagi-lagi terus berusaha menyamakan kedudukan dan berhasil merubah skor menjadi 19-19, bahkam kedua pemain melakukan duece 20-20.

Jojo kemudian membuat Loh terdiam dengan serangan yang telah dilancarkannya. Sehingga, Jojo mampu menutup set pertama dengan keunggulan 22-20.

Memasuki set kedua, Jojo langsung menekan Loh. Pria kelahiran Jakarta itu memberikan perlawanan keras sejak awal laga. Alhasil, Jojo unggul sementara di interval set kedua dengan skor 11-7.

Secara mengejutkan, Loh sempat menyamakan kedudukan dengan skor 19-19, bahkan membalikkan keunggulan menjadi 20-19. Laga pun berjalan begitu sengit hingga harus melakukan duece dengan skor 20-20 dan 21-21.

Kedua pemain terus memberikan permainan terbaiknya hingga akhir set kedua.  Beruntungnya, Jojo mampu menutup set kedua dengan keunggulan 23-21.

Dengan hasil ini, Jojo dipastikan lolos ke semifinal Kejuaraan Asia 2022. Pada laga tersebut, dia bakal bersua dengan kompatriotnya, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Anthony Sinisuka Ginting VS Weng Hong Yang

Jojo dan Ginting Vs Sakit Pinggang

Sementara itu, langkah Anthony Sinisuka Ginting terhenti di babak perempat final BAC 2022. Tunggal putra Indonesia takluk dalam pertarungan tiga set melawan Weng Hong Yang 13-21, 21-16, dan 11-21.

Ginting terlihat cukup keteteran. Pasalnya, Weng selalu melancarkan serangan demi serangan ke pertahanan yang dimiliki olehnya.

Serangan yang dilancarkan oleh Weng seringkali gagal diantisipasi dengan baik oleh Ginting. Akhirnya, pemain andalan Indonesia itu pun harus tertinggal cukup jauh di interval pertama dengan skor 5-11.

Selepas interval, Ginting mencoba untuk bangkit guna mengejar ketertinggalannya. Perlahan pemain kelahiran Cimahi itu mampu memberi perlawanan.

Namun, sangat disayangkan upaya Ginting tidak mengubah keadaan. Sebab, Weng berhasil menutup kemenangan pada set pertama dengan skor 21-13.

Pada set kedua, Ginting bermain dengan sangat baik. Dirinya terlihat cukup leluasa melancarkan serangan-serangannya. Dia pun mengungguli Weng di interval kedua dengan skor 11-7.

Selepas interval, pemain nomor lima dunia itu semakin percaya diri. Meski Weng juga mampu memberi perlawanan, Ginting berhasil mementahkan serangannya dengan sangat baik.

Hasilnya, Ginting pun menutup set kedua dengan kemenangan 21-16. Pertandingan harus diselesaikan lewat rubber set atau set ketiga. 

Di set penentuan ini, giliran Weng yang bisa mendominasi pertandingan. Bahkan, pemain asal China itu berhasil unggul cukup jauh atas Ginting pada interval ketiga dengan skor 11-4.

Situasi ini jelas sangat tidak menguntungkan untuk Ginting. Dirinya terlihat tampak kesulitan untuk bisa mengejar ketertinggalan. Alhasil, dia pun harus mengakui ketangguhan Weng dengan skor 11-21.***