Jorge Martin Kena Penalti Turun Tiga Posisi Start di MotoGP Belanda

Jorge Martin Kena Penalti Turun Tiga Posisi Start di MotoGP Belanda

WJtoday, Bandung - Pembalap satelit Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin mendapat penalti turun tiga posisi start. Martin akan menjalani hukuman ini di balapan utama MotoGP Belanda, yang akan berlangsung Minggu (30/6/2024), di Sirkuit TT Assen.

Martin yang awalnya akan start kedua, dia harus turun dan memulai balapan dari posisi kelima. FIM Stewards Panel menyatakan Martin bersalah dan mengganggu pembalap lain dengan melambat di racing line.

Kejadian berlangsung di sesi Kualifikasi 2 pada Sabtu (29/6) kemarin sebelum sprint race. Martin melambat di depan pembalap satelit Trackhouse Racing, Raul Fernandez.

“Pembalap Pramac Ducati itu ‘teramati melaju dengan lambat dan mengganggu pebalap #25 lainnya (Raul Fernandez) di Tikungan 2-3’ selama Kualifikasi 2." demikian pernyataan mereka.

Sebagai pelanggaran pertama musim ini, FIM stewards memutuskan penalti yang sesuai dalam kasus ini adalah penalti 3 posisi grid. 

"Meski Martin terlihat menahan Fernandez, mereka berada dalam kelompok pembalap. Martin telah menunjukkan rasa frustrasinya karena ditahan oleh orang lain yang mencari towing tidak lama sebelumnya,” demikian laporan Crash.net.

Dengan demikian, Martin akan start pada posisi kelima, sedangkan start terdepan adalan saingan utamanya dalam perebutan klasemen pembalap yaitu Francesco Bagnaia.

Usai sprint race kemarin, puncak klasemen sementara pembalap masih diduduki Martin. Bintang satelit Prima  Pramac Racing itu kini memimpin kejuaraan dengan total 180 poin. Unggul 15 angka dari posisi kedua pembalap Italia, Francesco Bagnaia ( Ducati Lenovo) dengan 165 poin.  ***