Kian Banyak Politisi Demokrat Angkat Kaki Minta Joe Biden Mundur dari Pencalonan

Kian Banyak Politisi Demokrat Angkat Kaki Minta Joe Biden Mundur dari Pencalonan

WJtoday, Jakarta - Semakin banyak politisi Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) yang menginginkan agar Joe Biden diganti dari nominasi calon presiden untuk pemilu tahun ini. 

Biden, baik dalam perkataan maupun tindakan, telah memperjelas bahwa dirinya tidak berniat untuk segera atau diam-diam mundur dari pencalonan presiden.

Biden mengeluarkan peringatan keras bahwa jika para politisi dan donor Demokrat ingin mengubah pendiriannya, maka mereka harus melakukan pertempuran berlarut-larut dan terbuka.

Akhir pekan ini, pertempuran itu memperlihatkan tanda-tanda peningkatan.

Politikus Demokrat Angie Craig dari Minnesota meminta Biden untuk keluar dari pencalonan, dengan mengatakan "hanya ada sedikit waktu tersisa untuk memastikan kita memiliki kandidat paling siap untuk berjuang dan menang."

"Mengingat apa yang saya lihat dan dengar dari Presiden selama debat minggu lalu di Atlanta, ditambah kurangnya tanggapan tegas dari Presiden sendiri setelah debat itu, saya tidak yakin Presiden dapat berkampanye secara efektif dan menang melawan Donald Trump," ucapnya, melansir dari laman nzherald.co.nz, Senin, 8 Juli 2024.

Mantan gubernur Vermont Peter Shumlin, seorang Demokrat yang mendukung Biden cukup awal di pemilihan pendahuluan 2020, mengatakan bahwa perjuangan pekan lalu telah meyakinkan dirinya bahwa Biden memang harus keluar dari persaingan.

"Bersama dia, kita kalah. Namun dengan keberanian untuk menyerahkan tongkat estafet, kita menang," tuturnya.

Desakan mundur dari beberapa politisi Demokrat terhadap Biden merupakan cerminan dari serangkaian pertemuan dan keputusan sepanjang pekan ini. Demokrat mempersiapkan diri untuk beberapa hari penuh gejolak di tengah kebuntuan yang berkembang antara Biden dan partainya mengenai rencana melangkah ke depan.

Biden didukung penuh keluarganya – khususnya ibu negara Jill Biden dan putranya Hunter – yang bersikeras agar dirinya tidak boleh membiarkan para petinggi partai untuk menyingkirkannya dari pencalonan.

Namun, di luar lingkaran dekatnya, banyak politisi Demokrat di semua tingkatan mulai merasa gugup.

Craig adalah anggota Kongres Demokrat kelima yang menyerukan agar Biden mundur. Sementara 13 anggota Kongres dan gubernur lainnya telah menyatakan kekhawatiran mereka tentang pencalonan Biden, menurut penghitungan Washington Post.***