Kunjungan ke Objek Wisata di Cianjur Meningkat 60 Persen di Libur Lebaran 2022

Kunjungan ke Objek Wisata di Cianjur Meningkat 60 Persen di Libur Lebaran 2022
Lihat Foto

WJtoday, Cianjur - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur mencatat peningkatan angka kunjungan ke objek wisata di Cianjur selama momen libur Lebaran 2022  mencapai 60 persen dibandingkan libur panjang biasa.

Kepala Disparpora Cianjur Pratama Nugraha di Cianjur mengatakan peningkatan angka kunjungan terlihat mulai tinggi setelah hari kedua Lebaran, dengan rata-rata wisatawan yang datang merupakan pemudik dan wisatawan lokal serta pendatang dari berbagai daerah.

"Terjadi peningkatan di sejumlah objek wisata yang ada mulai dari utara, selatan dan timur sekitar 300 ribu orang. Kami berharap ini tonggak pemulihan perekonomian yang terpuruk selama dua tahun terakhir akibat pandemi," ungkap Pratama, Selasa (10/5/2022).

Ia menjelaskan, sebelumnya pada libur hari raya dua tahun terakhir, angka kunjungan tertinggi hanya 7000 orang, karena berbagai pembatasan yang dilakukan pemerintah untuk penanganan cepat pandemi Covid-19.

Baca juga: Membludaknya Wisatawan di Momen Lebaran tak Berpengaruh Signifikan Terhadap UMKM Sekitar

Berbagai objek wisata di wilayah utara dan selatan Cianjur, mengalami peningkatan angka kunjungan sejak hari kedua lebaran seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara di wilayah utara, Pantai selatan Cianjur dan Ocean View Karang Potong di wilayah selatan. 

Salah satu objek wisata yang mengalami peningkatan kunjungan wisatawan adalah wisata curug atau air terjun, sehingga pihaknya akan melakukan berbagai upaya termasuk membangun sarana dan prasarana penunjang termasuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur menuju objek wisata.

"Kita berharap setelah lebaran angka kunjungan tetap tinggi karena pemulihan cepat ekonomi dimulai dari objek wisata yang ada dan menarik untuk dikunjungi wisatawan dari luar daerah hingga mancanegara menjadi target kami," tandasnya.  ***