Legislator Dukung UMKM Dipimpin Ibu-ibu untuk Tingkatkan Ekonomi Keluarga

Legislator Dukung UMKM Dipimpin Ibu-ibu untuk Tingkatkan Ekonomi Keluarga
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Anggota DPR RI Ledia Hanifa Amaliah mengunjungi beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menerima manfaat dari Program Bantuan Peralatan Khusus (Banpersus) dari Kemenparekraf RI di Kota Bandung. 

Dua di antaranya, yakni UMKM Renura Kids (Produsen Kaos Anak) yang bertempat di Cijerah Kecamatan Bandung Kulon, serta Rumah Kemasan (Produsen Kemasan) di Sindangjaya. 

Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan resesnya di Daerah Pemilihan Jawa Barat I yang bertepatan dengan momentum Hari Ibu tahun 2022.

Dalam kunjungan ini, Ledia melihat secara langsung kebermanfaatan dari bantuan yang diberikan. Kedua UMKM tersebut mendapat bantuan berupa kamera untuk Rumah Kemasan dan mesin jahit untuk Renura Kids. 

Anggota Komisi X DPR RI ini pun menyampaikan bagaimana ibu dapat menjadi tonggak ekonomi keluarga. 

Tak hanya itu, menurutnya, seorang ibu pun tetap bisa berkarya membantu menopang ketahanan keluarga.

“Dengan adanya UMKM yang dipimpin oleh ibu-ibu ini, tentu meningkatkan ekonomi keluarga ya. Dengan meningkatkan ekonomi keluarga ini juga membantu ketahanan ekonomi nasionalnya lebih baik." ujar Ledia dalam keterangannya, Minggu (25/12/2022).

"Contohnya, Rumah Kemasan milik Teh Ani itu. Di sini membantu membuat kemasan dengan cantik. Dengan kemasan yang cantik ini kan memberi nilai tambah usaha juga ya,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, pemilik UMKM Renura Kids, Echa, mengaku senang atas bantuan yang diterimanya. 

“Alhamdulillah senang banget waktu dapat bantuan mesin ini. Produksi jadi bisa nambah banget, Bu,” ujarnya kepada Politisi PKS tersebut.

Begitu pula dengan UMKM Rumah Produsen yang juga dipimpin oleh seorang Ibu bernama Ani. Ia turut menyampaikan rasa bahagianya setelah menerima bantuan berupa kamera.

“Banpersus kamera untuk UMKM kami ini terasa sekali manfaatnya, Bu. Sebelumnya, kadang baterai satu kamera habis, jadi harus setop. Sekarang mah terbantu ada dua kamera. Insyaallah kita ada rencana proyek tahun depan mau bikin company profile video bagi pelaku usaha UMKM lainnya, supaya meningkatkan branding-nya juga, di luar dari packaging yang kita buat,” ungkap Ani.

Di akhir, Ledia memberi pesan dan menyemangati adanya Banpersus ini dapat memperlancar bisnis. Tak hanya itu, ia pun turut mendoakan agar kedua UMKM tersebut berkembang lebih baik dan selalu diberi keberkahan.   ***