Legislator Minta Pemerintah Perbanyak Distribusi STB Gratis bagi Warga Pedesaan

Legislator Minta Pemerintah Perbanyak Distribusi STB Gratis bagi Warga Pedesaan
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat (DPRD Jabar) Gina Fadlia Swara meminta pemerintah memberikan bantuan set top box (STB) gratis bagi warga pedesaan.

Sebab, dalam kondisi seperti ini masyarakat pedesaan tidak mampu untuk membeli STB.

"Dari hasil monitor di lapangan, ternyata siaran saluran televisi analog yang dimatikan pemerintah sangat berdampak. Khususnya masyarakat di pedesaan kini kesulitan untuk menonton acara televisi," ungkao Gina dalam keterangannya, Sabtu (19/11/2022).

Anggota DPRD Jabar Fraksi Partai Gerindra, mengungkapkan, hampir di setiap titik lokasi reses 1 tahun sidang 2022-2023 warga mengeluh tak bisa menonton acara TV.

Padahal, menonton TV merupakan hiburan paling murah dan mudah bagi masyarakat di pedesaan.

Oleh sebab itu, Gina akan mendorong pemerintah untuk mengkaji ulang kebijakan ASO yang telah berlaku sejak 1 November 2022 kemarin.

Salah satunya, Gina meminta kepada pemerintah untuk memperbanyak distribusi STB gratis khususnya untuk masyarakat di pedesaan.

“Untuk masyarakat perkotaan memang kebanyakan sudah jarang yang menonton TV ya, tapi bagi masyarakat pedesaan menonton TV adalah hiburan paling murah. Harusnya, pemerintah menyediakan STB gratis untuk masyarakat desa sebelum mematikan siaran analog,” tuturnya.

Legislator asal Karawang ini menerangkan, saat ini seharusnya pemerintah pusat atau provinsi bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam program pengadaan STB.

Tujuannya, agar masyarakat miskin yang tak mampu membeli STB bisa tetap mendapatkan haknya menonton acara televisi sebagai saran hiburan mereka.  ***