Legislator Prihatin 200 Ribu Penduduk di Jabar Belum Miliki Aliran Listrik

Legislator Prihatin 200 Ribu Penduduk di Jabar Belum Miliki Aliran Listrik
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Prasetyawati melakukan kunjungan bersama Komisi IV ke Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, pada pekan lalu.

Prasetyawati mengatakan kunjungannya ke wilayah itu dalam rangka meninjau program Listrik Desa (LISDES) yang digawangi oleh Dinas ESDM dan Kepala Desa Mekarjaya.

“Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi terbesar dan termasuk di negeri ini , tapi tercatat masih ada 200 ribu lebih penduduk yang belum mempunyai listrik di rumahnya,” jelas Prasetyawati dalam keterangannya, dikutip Senin (21/11/2022).

Hal ini menjadi keprihatinannya mengingat saat ini listrik merupakan kebutuhan dasar dalam kebutuhan rumah tangga, bahkan hampir semua kebutuhan hidup sehari-hari bersentuhan dengan listrik

“Pada APBD Provinsi Jabar 2022 tidak ada anggaran untuk Program Lisdes ini sama sekali, Namun Dinas ESDM dengan Dana CSR berhasil merealisasikan walau sangat sedikit Program Lisdes bisa dilaksanakan bagi masyarakat yang sangat membutuhkan,” ungkapnya.

Program Lisdes ini merupakan pengadaan Listrik untuk 450 watt /900 watt, Rencana di tahun 2023 sudah dianggarkan untuk pengadaan Lisdes.

“Semoga Jawa Barat sebagai Provinsi termaju segera bebas dari masalah Listrik RT, tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki Listrik di rumahnya,” tutup Prasetyawati.  ***