Lloyd Morrisett Pembuat Serial "Sesame Street" Tutup Usia

Lloyd Morrisett Pembuat Serial "Sesame Street" Tutup Usia
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Lloyd Morrisett, salah satu pembuat atau co-creator serial edutainment "Sesame Street" meninggal dunia dalam usia 93 tahun, menurut pengumuman yang disampaikan oleh Sesame Workshop pada Selasa (24/1) waktu setempat.

“Seorang Wali Kehormatan Seumur Hidup, Lloyd meninggalkan warisan yang sangat besar dan tak terhapuskan di antara generasi anak-anak di seluruh dunia," tulis Sesame Workshop dalam pernyataannya di Twitter.

Joan Ganz Cooney, rekan Morrisett yang sama-sama membuat "Sesame Street", mengatakan bahwa Morrisett merupakan seorang yang pertama kali memiliki gagasan untuk mengajarkan keterampilan dasar anak-anak prasekolah lewat televisi.

"Dia adalah mitra tepercaya dan teman setia saya selama lebih dari lima puluh tahun, dan dia akan sangat dirindukan," kata Cooney dalam pernyataan tersebut.

Mengutip The Hollywood Reporter, disiarkan Selasa (24/1), Morrisett merupakan seorang yang mendorong kelahiran Children’s Television Workshop (CTW) yang terbentuk pada Maret 1968.

Organisasi CTW kemudian lebih dikenal sebagai Sesame Workshop. Serial "Sesame Street" memulai debutnya pada 10 November 1969 dengan musim pertama yang ditonton lebih dari enam juta anak usia 3-5 tahun di Amerika Serikat.

"Sesame Street" dikenal sebagai program edutainment terbesar di dunia yang mampu menjangkau puluhan juta anak dan keluarga di lebih dari 140 negara setiap tahunnya. Serial anak ini memenangkan lima penghargaan Peabody Awards dan hampir 200 penghargaan Emmy.

Selain "Sesame Street", Sesame Workshop juga membuat acara lain termasuk program edutainment "The Electric Company" yang didirikan oleh Morrisett bersama Joan Ganz Cooney, dan Paul Dooley.***