Makin Berani, Program Inovatif Botram Pemkab Bekasi Hadir Menjangkau Pelosok Desa

Makin Berani, Program Inovatif Botram Pemkab Bekasi Hadir Menjangkau Pelosok Desa

WJtoday, Kabupaten Bekasi - Program inovatif Botram (Berkolaborasi Terus Melayani) yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi terus mengalami perkembangan sejak pertama kali dilaunching oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi di Kecamatan Setu pada Maret tahun lalu. 

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menuturkan, penyelenggaraan kegiatan BOTRAM yang semula diadakan 3 bulan sekali dengan berkeliling ke setiap kecamatan baik yang berada di wilayah utara maupun selatan Kabupaten Bekasi, dalam perjalanannya ternyata mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. 

Sehingga pemerintah daerah pun berinisiatif untuk mengadakan kegiatan BOTRAM ini menjadi lebih intens seminggu tiga kali. Bahkan tak hanya itu, saat ini Botram hadir menjangkau setiap desa yang ada di Kabupaten Bekasi, dimulai dengan Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan. 

"Desa Ciantra mencatatkan sejarah untuk Botram Desa yang pertama. Kedepannya kita harapkan ini menjadi role model yang baik, kalau dulu kita mulai di tingkat Kecamatan sekarang di desa dan intensitasnya lebih tinggi. Tentunya dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Pj Bupati Dani Ramdan usai membuka acara Botram di Halaman Kantor Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, pada Selasa (9/7/2024). 

Dani Ramdan mengatakan, berbeda dengan Botram Kecamatan yang hadir di akhir pekan. Stand-stand pelayanan di Botram Desa justru tersedia di hari kerja. 

Kendati demikian animo masyarakat yang hadir di launching perdana Botram desa ini begitu antusias. Terlihat dari antrian pada stand pelayanan adminduk dan pelayanan pembayaran pajak dari Bapenda.

"Kami juga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh aparatur desa untuk menginformasikan layanan Botram ini kepada masyarakat. Sosialisasi yang sangat bagus, terlihat dari antusias masyarakat begitu ramai dan penuh siang hari ini meskipun di hari kerja. Dan memang kerjasama seperti ini yang dibutuhkan baik dari Pemerintah Daerah, Kecamatan bersama dengan desa," jelasnya. 

Dani Ramdan menambahkan, sebagaimana slogan Pemerintah Kabupaten Bekasi yakni Makin Berani (Mantapkan Kinerja dalam Bekerja dan Melayani), dalam implementasinya selain meningkatkan intesitas penyelenggaraan Botram seminggu tiga kali. Kedepan pihaknya juga akan mensupport setiap dinas yang membuka pelayanan dalam kegiatan botram dengan mobil layanan keliling agar lebih efektif dan efisien.

"Dengan mobil layanan keliling ini nantinya jadi lebih ringkas, peralatan dan pelayanan oleh petugas itu bisa dari kendaraan. Ditambah tenda yang terpasang di kendaraan, jadi lebih praktis. Dan membantu mobilitas pelayanan itu sendiri, mau di lapangan, di halaman kantor desa, di mall. Kita siap menjangkau masyarakat," terangnya. 

Pada Botram perdana di Desa Ciantra ini terdapat 7 pelayanan dari beberapa instansi, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Ketenagakerjaan, BPJS, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Badan Pendapatan Daerah, dan Dinas Sosial.***