Matahari Department Store Tutup Sejumlah Gerai Sepi, Ritel-ritel Lain Bisa Menyusul

Matahari Department Store Tutup Sejumlah Gerai Sepi, Ritel-ritel Lain Bisa Menyusul

WJtoday, Jakarta - Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) buka-bukaan biang kerok kabar penutupan gerai Matahari Department Store di Tangerang. 

Setidaknya ada dua hal utama, yaitu pergantian manajemen perusahaan dan perubahan tren bisnis ritel.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan Matahari baru saja melakukan perubahan manajemen, dengan begitu artinya ada rencana kerja baru perusahaan. 

Hal ini yang memungkinkan adanya penutupan beberapa toko.

"Menurut kami ada dua hal selaku asosiasi ritel memandang hal ini pertama satu itu ada perubahan-perubahan rencana kerja lah dari manajemen baru," beber Budiharjo dikutip dari detikcom, Senin (1/7/2024).

Faktor kedua adalah tren bisnis ritel memang berubah. Format toko besar macam Matahari kini mulai dikurangi, toko-toko meminimalisir bentuknya menjadi lebih sederhana. 

Budihardjo menduga Matahari memang sedang melakukan transformasi ke arah sana.

"Kedua, memang format big dept store seluruh dunia memang lagi berubah. Matahari pasti lagi melakukan transformasi. Namanya big dept store di dunia sedang menjadi lebih kecil," beber Budiharjo.

"Penutupan itu yang kami dapat adalah memang strategi perkuat costing perusahaan jadi lebih ringkas dan buka konsep baru," lanjutnya.

Budihardjo bilang bukan cuma Matahari, beberapa waktu ke depan ritel lainnya kemungkinan juga akan melakukan hal yang sama, memperkecil gerai-gerainya. Gerai besar yang tak terlalu ramai bisa jadi ditutup dan mulai ditransformasi jadi lebih sederhana.

"Nggak cuma Matahari juga, semua saat ini yang kurang rame akan dikecilkan formatnya. Misalnya hipermarket turun jadi supermarket, supermarket jadi minimarket. Ini ikuti customer punya kebiasaan beda sejak COVID-19. Mereka maunya datang yang kecil simpel langsung jalan," jelas Budihardjo.

Sebelumnya, dikabarkan ada dua gerai Matahari yang ditutup di Tangerang, Banten. Informasi soal penutupan gerai Matahari ini juga beredar di media sosial. Salah satunya dari akun Instagram @abouttng.

Dua gerai Matahari yang disebut mau tutup yaitu di WTC Serpong dan Mal Balekota Tangerang. Akun itu juga menyebutkan ada diskon besar-besaran di Matahari. Disebut penutupan toko dilakukan pada tanggal 30 Juni 2024 kemarin.

Budihardjo pun mengkonfirmasi kabar tersebut, dia membenarkan beberapa gerai Matahari ada yang mau tutup di Tangerang. 

Dia menjelaskan gerai yang tutup saat ini juga melakukan pesta diskon sebagai langkah cuci gudang untuk stok dagangan yang tersisa.

"Betul, memang dia tutup dan adakan diskon. Memang namanya tutup toko itu kan stock clearance itu biasa ya," beber Budiharjo.***