Mendag Pastikan Harga Bawang Stabil, Harga Cabai Turun Jelang Puasa

Mendag Pastikan Harga Bawang Stabil, Harga Cabai Turun Jelang Puasa

Wjtoday, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi memastikan harga komoditas  pangan pokok tidak mengalami lonjakan menjelang Ramadan dan Idulfitri. 

Hal itu disampaikan Lutfi usai meninjau stok dan harga di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

"Saya bisa pastikan bahwa puasa Ramadan tahun ini harga-harga stabil, harga-harga terjangkau bahkan dengan adanya panen kemungkinan besar akan menurun," ujar Lutfi usai meninjau pasar, Rabu (7/4).

Harga bawang merah dan bawang putih disebutkan masing-masing berkisar antara Rp18 ribu hingga Rp21 ribu per kilogram (kg).

"Harga bawang stabil antara Rp18 ribu sampai Rp21 ribu. Artinya, di pasar retail ditambah Rp1.000, di bawah HET (Harga Eceran tertinggi). Harga bawang putih juga stabil diantara Rp18 ribu sampai Rp21 ribu," kata Lutfi di Pasar Induk Kramat Jati, Rabu, 7 April 2021.

Sementara untuk harga cabai, cenderung mengalami penurunan dari sebelumnya di atas Rp100 ribu per kg menjadi Rp70 ribu per kg.

"Kemudian kita juga melihat tadi harga cabai. Harga cabai keriting yang tadinya sempat di atas Rp100 ribu. Hari ini sudah mendekati Rp70 ribu," jelasnya.

Bahkan lanjut Lutfi, harga cabai keriting diperkirakan akan mengalami penurunan karena menjelang panen raya. Dari pengecekan hari ini, ia pun memastikan harga komoditas pangan pokok terjaga dan stabil.

Lutfi juga menyebut harga beras masih dalam kondisi stabil dengan stok yang dinilai cukup saat puasa dan lebaran. Tak hanya harga terjangkau, Lutfi menjamin bahwa stok pangan tersedia dan aman memasuki puasa dan lebaran.

"Saya jamin, saya pastikan barangnya ada dan tersedia," terang Lutfi.***