Mochammad Afifuddin Ditunjuk Jadi Plt Ketua KPU

WJtoday, Jakarta - Komisioner KPU RI Mochammad Afifuddin menerima amanah sebagai pelaksana tugas Ketua KPU RI. 

Afif memastikan akan menjalankan tugas tersebut dengan baik. 

Sebagaimana diketahui, Ketua KPU sebelumnya, yakni Hasyim Asy'ari, dinyatakan bersalah oleh DKPP.

"Dengan membaca innalillahi wainna ilaihiraji'un dan bismillahirrahmanirrahim, teman-teman anggota KPU tadi secara bulat, secara sepakat memberikan mandat kepercayaan ke saya untuk menjadi Pelaksana Tugas Ketua KPU Republik Indonesia," kata Afif dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Afif mengakui tugas tersebut merupakan hal berat. Namun, kata dia, baik sebagai ketua maupun anggota memiliki tugas berat masing-masing.

"Jadi anggota dan Ketua KPU kan berat, masa orang berat kita bilang ringan, nah kita mau menjelaskan, karena berat, maka kita butuh dukungan teman-teman," ujarnya.

"Kita sadar betul posisi kita mengemban tugas yang sangat berat, maka dari awal kami sampaikan kami butuh dukungan teman-teman sekalian," sambungnya.

Afif mengatakan pihaknya akan melakukan penguatan konsolidasi internal. Afif lantas meminta dukungan semua pihak terkait dalam menjalankan tugas-tugas KPU.

"Kami tidak akan berubah, komunikasi dan seterusnya, masukan, dan semuanya, tentu akan kami terima dengan senang hati dan pada kesempatan yang baik ini kami juga ingin meminta dukungan, support, dari teman-teman sekalian," ujarnya.

Sebagai informasi, Afif resmi ditunjuk sebagai Plt Ketua KPU setelah jajaran komisioner KPU menggelar rapat pleno tertutup. 

Pergantian ketua itu dilakukan setelah DKPP memberhentikan tetap Hasyim Asy'ari sebagai Ketua KPU dalam kasus asusila.***