Monyet Berkeliaran di Pemukiman, Peneliti: Jika Tanda Bahaya yang Turun Gunung Satu Koloni

Monyet Berkeliaran di Pemukiman, Peneliti: Jika Tanda Bahaya yang Turun Gunung Satu Koloni
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Warga Kota Bandung beberapa hari ini dihebohkan dengan munculnya gerombolan monyet liar yang berkeliaran di pemukiman warga. 

Gerombolan monyet ekor panjang itu sejak Selasa (22/11) hingga Jumat (25/11) dilaporkan tampak berkeliaran di pemukiman warga sekitar wilayah Cisaranten dan Antapani.

Kemcunculan gerombolan monyet liar di Kota Bandung itu sontak menggegerkan warga, dan tak sedikit pula yang mengaitkannya dengan fenomena alam baru-baru ini menyita perhatian, yaitu gempa bumi.

Peneliti Pusat Studi Komunikasi Lingkungan Fikom Unpad Herlina Agustin ikut menanggapi terkait adanya kawanan monyet liar yang berkeliaran di permukiman warga Bandung tersebut.

Pasalnya, beberapa warga khawatir munculnya monyet-monyet ini menandakan akan terjadinya fenomena alam.

Herlina menuturkan, fenomena munculnya kawanan monyet di permukiman tengah kota memang agak membingungkan karena jaraknya jauh dari habitatnya. Ia juga belum bisa memastikan apakah monyet-monyet itu turun gunung atau lepas dari kandang.

Namun ia menyebut, jika hewan seperti monyet keluar dari habitatnya dan menujukkan akan adanya bahaya, biasanya yang turun satu koloni dan menunjukkan kegelisahannya.

"Kalau keluar dari habitatnya ini hanya ada empat ekor, tidak sampai satu koloni. Kalau monyet menunjukkan tanda bahaya itu hampir semua keluar koloninya, dia menunjukkan kegelisahan secara koloni," terang Herlina saat on air di Radio PRFM Bandung, Sabtu (26/11/2022).

Sementara, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Gun Gun Sumaryana membenarkan informasi tersebut.

"Itu monyet liar ketika akan ditangkap pindah-pindah terus," jelas Gun Gun di Bandung, Sabtu (26/11).

Gun Gun menyebut, jika posisi monyet itu saat ini sudah jauh dari TKP awal yakni wilayah Kiaracondong.

"Karena liar agak susah diprediksi dari mananya. Katanya sekarang sudah jauh dari TKP pas dilaporkan ke Diskar," sebutnya.

Salah satu akun Instagram mengunggah momen di mana kawanan monyet liar ekor panjang itu muncul di pemukiman warga.

"Menerima laporan adanya empat ekor monyet berkeliaran di atas rumah warga, diketahui kejadian tersebut terjadi di daerah Babakansari l, Kiaracondong, Kota Bandung pada Selasa, 22 November 2022 kemarin," tulis caption Instagram @beritakotabandung tersebut.

"Keberadaan monyet tersebut ditemukan oleh warga pada pagi. Warga pun belum mengetahui dari mana kemunculan beberapa monyet itu," tambah keterangannya.

Di hari berikutnya, Jumat (25/11) pagi kawanan monyet liar ini kembali gegerkan warga. Kawanan monyet liar ini dilaporkan muncul di kawasan Antapani hingga Arcamanik.

Video sejumlah monyet berkeliaran di atap rumah warga di Kota Bandung ini diunggah akun Instagram @beritakotabandung pada Rabu (23/11).

Mengutip keterangan akun tersebut, total ada empat ekor monyet yang terlihat berkeliaran berpindah dari satu atap ke atap rumah warga lainnya.

Empat ekor monyet ini pertama kali  diketahui berkeliaran di atap rumah warga di kawasan Kiaracondong, Kota Bandung pada Selasa (22/11).  ***