Obituari: Mengenang Mieke 'Bu Broto' Wijaya

Obituari: Mengenang Mieke 'Bu Broto' Wijaya
Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa (3/5/2022) malam. Aktris kenamaan Indonesia ini punya catatan manis di industri perfilman nasional dengan puluhan judul yang pernah dibintanginya. (youtube)

WJtoday, Bandung - Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa (3/5/2022) malam. Aktris kenamaan Indonesia ini punya catatan manis di industri perfilman nasional dengan puluhan judul yang pernah dibintanginya.

Mieke lahir di Bandung pada 17 Maret 1940. Dia sudah menjadi bintang film sejak usianya belasan tahun setelah mengawali karier sebagai penyanyi di RRI Palembang.

Film pertama yang dibintangi Mieke adalah Gagal pada 1955, tapi ia paling dikenal lewat penampilan di film Tiga Dara (1956) karya Usmar Ismail. Film bergenre komedi musikal itu melambungkan nama Mieke bersama Chitra Dewi dan Indriati Iskak hingga ke mancanegara.

Pada 1965, Mieke menikah dengan Dicky Zulkarnaen. Pernikahannya dengan bintang film Si Pitung ini awet sampai sang aktor berpulang pada 1995.

Dari pernikahan tersebut, Mieke dan Dicky dikaruniai empat orang anak, termasuk produser dan aktris Nia Zulkarnaen.

Setelah itu, Mieke main di banyak film, terutama usai bergabung bersama Teguh Karya yang mendirikan grup Teater Populer.

Sepanjang kariernya, Mieke pernah dinobatkan sebagai 'Pemeran Utama Wanita Terbaik' di Festival Film Indonesia (FFI) setelah berperan dalam film Gadis Kerudung Putih (1967).

Mieke kembali mendapatkan penghargaan untuk kategori yang sama berkat film Ranjang Pengantin pada 1975 dan  Kembang Semusim yang disutradarai MT Risyaf pada 1981

Bukan cuma di film, Mieke juga berkarya di layar TV. Namanya melambung lagi setelah berperan sebagai Bu Broto di sinetron TVRI, Losmen (1987). Nama Bu Broto melekat dengan Mieke setelah itu.

Mieke juga aktif bermain di berbagai sinetron dalam lima tahun terakhir, yaitu Kekasih Bayangan (2017), Aca Aca Nehi Nehi (2018) serta Supir dan Majikan (2019).

Mieke adalah pekerja seni lintas generasi. Dia meninggal saat usianya 82 tahun. Pihak keluarga menyatakan Mieke Wijaya meninggal dunia pada 3 Mei 2022 pukul 19.30.  ***

(Sumber: CNNIndonesia.com)