PDIP Kantongi 3 Nama Menteri untuk Maju di Pilkada Jakarta 2024

PDIP Kantongi 3 Nama Menteri untuk Maju di Pilkada Jakarta 2024

WJtoday, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan, partai berlambang banteng tersebut telah menyiapkan tiga kader yang merupakan menteri Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk bersaing dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Hasto menyatakan bahwa ketiga nama tersebut sudah masuk dalam daftar calon pemimpin provinsi metropolitan tersebut. PDIP, sebagai partai politik, siap untuk menggalang dukungan dan memberikan kesempatan sebagai bagian dari proses kaderisasi yang sistemik.

"Kami telah melakukan proses kaderisasi, dan sejak awal kami telah menggembleng kader-kader PDIP untuk dipersiapkan sebagai calon kepala daerah," ujar Hasto dalam keteranganya, Senin 1 Juli.

Ketiga nama itu, yakni Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Menurut Hasto, PDIP perlu menyodorkan nama-nama kader internal dalam kontes pemilu untuk memastikan eksistensi partai dalam dinamika politik di Indonesia. Selain itu, konsep pembangunan semesta berencana menuju Indonesia Raya yang diusung PDIP dapat terwujud jika kepala daerah atau wakil kepala daerah diisi oleh kader PDIP.

"Walaupun begitu, kami juga melakukan kerja sama dengan partai politik lain dengan mempertimbangkan karakteristik politik setempat," tambahnya.

Selain ketiga menteri tersebut, Hasto juga menyebutkan sosok kader PDIP lain yang disiapkan untuk Pilgub Jakarta 2024. Nama-nama itu, yakni mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan ketua DPP PDIP yang juga anggota DPR Eriko Sotarduga.

Hasto menegaskan PDIP memiliki banyak kader yang siap untuk diusung sebagai calon. Di samping itu, PDIP juga terbuka untuk berkomunikasi dengan semua partai politik terkait Pilkada 2024.***