PDIP Prioritaskan Usung Kader Internal di Pilgub Jakarta

PDIP Prioritaskan Usung Kader Internal di Pilgub Jakarta

WJtoday, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) belum mengambil keputusan soal sosok yang bakal diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Namun, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu akan mengutamakan tokoh dari internal.

 

"PDI Perjuangan ini adalah partai yang digelorakan oleh semangat untuk mendorong kader partai melalui proses pelembagaan partai, sekolah partai. Sehingga skala prioritas utama adalah kader partai yang kita dorong baru kemudian dibuka suatu ruang," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu, 29 Juni 2024.

Hasto menyampaikan Pilgub Jakarta memiliki hegemoni yang hampir menyamai tingkat nasional. Sebagai pusat pemerintahan nasional, persaingan yang tersaji akan sangat ketat.

"Secara historis Jakarta memiliki peran yang sangat penting, secara strategis terkait dengan perannya di dalam dinamika politik nasional, perekonomian nasional, Jakarta sangat strategis. Sehingga partai berhati-hati mempertinbangkan dengan saksama," ujar dia.

Oleh karena itu, PDIP tidak mau gegabah dalam mengambil keputusan. Perencanaan matang akan dibahas oleh berbagai unsur hingga keputusan dibuat Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Untuk DKI siapa cepat belum tentu dapat, siapa yang melakukan kalkulasi matang, melakukan langkah-langkah konsolidasi, melakukan pergerakan turun ke bawah itulah yang dipercaya rakyat," ujar Hasto.

Sebelumnya, PDIP diisukan bakal mengusung Anies Baswedan dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. PDIP bahkan mengakui jika Anies menjadi sosok yang patut dipertimbangkan.***