Petugas Diterjunkan Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang di Cihaurbeuti Ciamis

Petugas Diterjunkan Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang di Cihaurbeuti Ciamis
Lihat Foto

WJoday, Ciamis - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis menerjunkan sejumlah personel untuk siaga dan membantu warga yang rumahnya terdampak banjir bandang luapan sungai di Kecamatan Cihaurbeuti.

"Untuk rumah yang terdampak sudah selesai, penduduk aman," jelas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet, Sabtu (8/10/2022).

Ia menuturkan hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamis pada Jumat (7/9) menyebabkan Sungai Cibuyut meluap dan menggenangi sejumlah rumah warga dan areal pertanian di empat dusun di Cihaurbeuti.

Masyarakat bersama petugas gabungan lainnya sudah berupaya menanggulangi daerah yang terdampak banjir tersebut, dan dipastikan tidak ada yang mengungsi dalam bencana banjir itu.

Selain siaga di daerah terdampak banjir, jajarannya bersama tim gabungan dari Basarnas, kepolisian, TNI, dan sukarelawan melakukan pencarian terhadap satu orang pengendara sepeda motor yang terseret arus banjir.

"Masih dilakukan pencarian bersama anggota Basarnas Pos SAR Tasikmalaya," sebutnya. 

Memet mengungkapkan daerah tersebut memiliki potensi terjadinya banjir luapan sungai. Kawasannya terjal sehingga masyarakat harus selalu waspada apabila terjadi hujan deras.

Untuk itu, BPBD Ciamis sudah menyosialisasikan kepada masyarakat agar menghindari daerah yang memiliki potensi terjadinya banjir, apalagi saat ini masih sering turun hujan.

"Selalu waspada pada cuaca yang tidak menentu, dan apabila terjadi lagi segera mencari tempat aman," tandasnya. 

Hujan deras dengan intensitas tinggi menyebabkan Sungai Cibuyut meluap mengakibatkan banjir bandang melanda wilayah kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis.

Banjir bandang tersebut melanda dua desa, yaitu Desa Sukahurip dan Desa Cihaurbeuti di Kecamatan Cihaurbeuti, Jumat (7/10)  pukul 14.30 WIB.

Sungai Cibuyut anak Sungai Citanduy yang berda di kaki Gunung Sawal meluap merusak puluhan hektare lahan pertanian warga.

Selain menerjang pemukiman warga, seorang pengendara motor diduga hanyut terbawa arus banjir bandang.  ***