Pj Bupati Bekasi Dorong BUMD Makin Kuat untuk Peroleh PAD Lebih Besar

Pj Bupati Bekasi Dorong BUMD Makin Kuat untuk Peroleh PAD Lebih Besar
Lihat Foto

WJoday, Kab Bekasi - Pj Bupati Dani Ramdan menegaskan, Pemerintah Kabupaten Bekasi terus mendorong agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) semakin kuat sehingga bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang lebih besar untuk membangun wilayahnya.

Hal itu disampaikan Dani Ramdan usai mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) terkait penguatan, pembinaan, pengawasan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) secara virtual, di Command Center Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, pada Kamis (8/9/2022). 

Menurut dia, ada beberapa indikator sederhana untuk mengoptimalkan kinerja BUMD. Salah satunya menyesuaikan perbandingan antara jumlah direksi dengan pengawas di PDAM Tirta Bhagasasi. 

"Di PDAM ini jumlah pengawas sama dengan jumlah direksi. Harusnya jumlah pengawas lebih kecil. Ini karena masih ada kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dengan Kota Bekasi, jadi masing-masing pemerintah menempatkan pengawasnya," ujarnya. 

Dani mengatakan, setelah selesai pemisahan PDAM antara Kota dan Kabupaten Bekasi, yang saat ini sedang menunggu ijin dari Kemendagri, maka selanjutnya jumlah dewan pengawas akan dikurangi. 

"Jadi nanti setelah ada pemisahan, tidak ada lagi unsur pengawas dari Pemerintah Kota Bekasi, sehingga jumlah pengawas lebih kecil dari direksi," ungkap Dani.

Selain itu, pihaknya akan terus mendorong agar PDAM Tirta Bhagasasi dapat menghasilkan laba yang lebih optimal, dengan penyertaan modal dan kerjasama dengan pihak ketiga. 

"Dari sisi pengembangan jaringan, PDAM memang sangat terbatas, karena sudah lima tahun terakhir tidak ada penyertaan modal. Perdanya sudah disetujui tapi tidak bisa dieksekusi. Karena itu saya akan mengajukan perubahan Perda, supaya di tahun 2023 nanti bisa memberikan penyertaan modal," tutup Dani.  ***