Pj Bupati Bekasi: HRD Berperan Bantu Pemerintah Daerah Kurangi Pengangguran

Pj Bupati Bekasi: HRD Berperan Bantu Pemerintah Daerah Kurangi Pengangguran
Lihat Foto

WJtoday, Kab Bekasi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama praktisi HRD menggelar Dialog Interaktif Daerah (Dinda) di Aula KH Noer Alie, Kantor Bupati Bekasi Cikarang Pusat, pada Selasa (26/9/2022). 

Dialog tersebut menjaling hubungan Pemkab Bekasi bersama HRD perusahaan dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal di Kabupaten Bekasi.

“Pertemuan dengan HRD perusahaan yang ada di Kabupaten Bekasi, tujuannya untuk berdiskusi, komunikasi antara dunia industri dengan pemerintah daerah. Makanya dihadirkan kepala dinas terkait,” ujar Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan yang menjadi keynote spekar pada kegiatan tersebut.

Acara tersebut dihadiri beberapa Kepala Dinas seperti Kepala Dinas Tenaga Kerja Edi Rochyadi, Kepala DPMPTSP Suhup dan Kepala Dinas Perindustrian Dony Sirait. Mereka juga turut menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

“Saya memberikan atau keynote speaker untuk bahan diskusi lebih lanjut dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Dani mengakatan, HRD perusahaan menjadi bagian yang sangat penting, terutama dalam membantu pemerintah daerah mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bekasi. 

Misalnya peran HRD dalam merekrut para calon tenaga kerja di perusahaan tempatnya bekerja.

“Saya ingin HRD meskipun bukan pemilik perusahaan tetapi pemain kunci di perusahaan, mereka yang melaksanakan rekrutmen tenaga kerja bahkan membina tenaga kerja untuk lebih sejahtera dan kompeten,” tutur Dani.

Sebab itu, lanjutnya, akan menjadi sangat penting jika HRD memiliki wawasan dan visi yang sama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk penyerapan tenaga kerja lokal yang lebih baik. Seperti memperluas rekrutmen tenaga kerja lokal serta meningkatkan kompetensi para pekerja yang ada di perusahaan.

“Dan ini juga menjadi bagian penting mempercepat akselerasi penyerapan pengangguran di Kabupaten Bekasi,” tandasnya.  ***