Pj Bupati Bekasi : Vaksinasi Anak Penting untuk Ciptakan Generasi Sehat

Pj Bupati Bekasi : Vaksinasi Anak Penting untuk Ciptakan Generasi Sehat
Pj Bupati Bekasi didampingi Bunda Forum Anak Kabupaten Bekasi Hj Ria Dani Ramdan menghadiri acara vaksinasi anak di Distrik 1 Meikarta, Cikarang Selatan, Rabu, 25/8/2021. (dok pmkab bekasi)

WJtoday, Kab Bekasi - Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, vaksinasi bagi pelajar sangat penting dilakukan demi menciptakan generasi Indonesia sehat sehingga para pelajar memiliki antibodi terhadap virus Covid-19.

"Vaksinasi anak khususnya pelajar ini sangat penting dan semua harus turut mengambil peran. Vaksinasi bagi pelajar usia 12 tahun ke atas juga masuk dalam target herd immunity di Kabupaten Bekasi," ucap Dani Ramdan, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi anak di Distrik 1 Meikarta, Jl Orange Country Cikarang Selatan, Rabu (25/08/21).

Pada kegiatan yang dihadiri Ria Dani Ramdan selaku Bunda Forum Anak Kabupaten Bekasi itu, Pj Bupati Bekasi berpesan agar orang tua turut mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 melalui vaksinasi agar semua tahapan berjalan dengan maksimal, mulai dari tenaga kesehatan, masyarakat umum, hingga pelajar.

"Saya melihat animo para pelajar dan juga orang tuanya sangat antusias, dari 200 dosis yang disediakan, 50 diantaranya diberikan kepada pelajar berkebutuhan khusus," sebut Dani.

Dirinya juga mengapresiasi peran dari pihak swasta yang turut serta membantu pemerintah daerah melaksanakan vaksinasi untuk mengejar herd immunity di Kabupaten Bekasi.

Head of Public Relations, Jeffrey Rawis menambahkan, bahwa pihaknya akan terus menciptakan sinergitas mendukung segala upaya pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19 termasuk vaksinasi bagi anak.

"Tentunya kita mendukung upaya pemerintah agar herd immunity tercapai, tujuannya sama-sama mengatasi pandemi yang ada," ucap Jeffrey.

Baca juga: Pemkab Bekasi Akui Keterlambatan Distribusi Vaksin Jadi Kendala Percepatan Vaksinasi

Selain melaksanakan vaksinasi bagi pelajar, acara tersebut juga diisi dengan peluncuran Buku Forcisel Sang Pelopor Sang Pelapor dari Forum Anak Kecamatan Cikarang Selatan Wujudkan Kabupaten Bekasi Layak Anak.

Vaksinasi Anak, Kunci Utama Dimulainya PTM di Kabupaten Bekasi
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bekasi, Ani Gustini mengatakan, program vaksinasi bagi anak dan pelajar merupakan kunci utama agar kegiatan belajar tatap muka di sekolah dapat kembali dimulai.

"Vaksinasi ini agar mereka terlindungi, sehingga apabila targetnya tercapai, tenaga pengajar dan siswa sudah divaksin, selanjutnya kita berharap agar belajar tatap muka dapat segera dilakukan," kata Ani Gustini, saat mendampingi Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meninjau vaksinasi anak di Distrik 1 Meikarta, Rabu (25/08/21).

Baca juga: Soal Rencana PTM, Pemkab Bekasi Tunggu Juknis Kemendikbudristek

Ani juga mengajak anak-anak di Kabupaten Bekasi agar mau divaksin supaya memiliki kekebalan tubuh dari paparan virus Covid-19.

Kepala Puskesmas Sukadami Cikarang Selatan, dr Adi Pranaya menjelaskan, bahwa vaksin yang digunakan bagi pelajar tersebut menggunakan jenis vaksin Sinovac Biofarma sehingga aman bagi para pelajar.

"Anak-anak merupakan masa depan bangsa, sehingga dengan vaksinasi ini mereka terproteksi dan terhindar dari kondisi yang parah ketika terdampak virus Covid-19," kata Adi.

Meski begitu, dirinya berharap agar pandemi ini cepat berlalu dengan terciptanya kekebalan kelompok ,(herd immunity) di lingkungan pelajar.

Kegiatan vaksinasi anak di Distrik Meikarta diikuti oleh sekitar 200 anak dimana 50 orang diantaranya merupakan pelajar berkebutuhan khusus.  ***