PLN Bakal Bagikan 53.000 Kompor Listrik Gratis di Jabar Tahun ini

PLN Bakal Bagikan 53.000 Kompor Listrik Gratis di Jabar Tahun ini
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - PT PLN Unit Induk Industri Jawa Barat (PLN IUD Jabar) ditugaskan oleh pemerintah untuk membagikan 53 ribu unit kompor listrik gratis kepada masyarakat sebagai upaya untuk mendukung ekosistem smart green lifestyle di Jabar.

"Untuk mendukung penggunaan kompor listrik ini, kami dari PLN ditugaskan membagikan 53.000 kompor listrik di Jawa Barat pada tahun ini," ungkap General Manager PLN UID Jawa Barat Agung Nugraha disela-sela acara atau Jabar Smile 2.0  (Jawa Barat Smart Electric Green Lifestyle) di Kota Bandung, Minggu (17/7/2022).

Agung berharap ada 15 juta pelanggan listrik PLN di wilayah Jawa Barat, bisa beralih menggunakan kompor listrik.

Dia mengatakan, pengguna kompor listrik di Jawa Barat terus mengalami peningkatan bahkan disaat adanya kenaikan harga elpiji, permintaan akan kompor listrik juga bertambah.

"Dan memang hukum pasar seperti itu, masyarakat akan mencari yang lebih murah," sebutnya.

Menurut dia, kompor listrik memberikan berbagai kemudahan diantaranya masak lebih aman dan nyaman serta mudah dan ramah lingkungan.

Selain itu, lanjut Agung, PLN UID Jawa Barat Agung Nugraha menargetkan penambahan lima unit pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Jawa Barat pada tahun 2022.

"Untuk saat ini ada lima SPKLU yang dibuat PLN. Tahun ini pihaknya menargetkan penambahan lima unit sehingga total menjadi delapan unit. Rencananya, akan ditempatkan di Bekasi, Bogor, dan lainnya," ujar Agung.

Menurut Agung, saat ini, PLN terus mendorong pemanfaatan energi listrik untuk kendaraan listrik, kompor, dan lainnya, termasuk dalam acara Jabar Smile.

Pihaknya akan melakukan penandatanganan kerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan pemanfaatan energi listrik.

"Kalau untuk suplai kelistrikan kami sudah siap. Saat ini cadangan listrik kami mencapai 40 persen sehingga sangat mencukupi hingga tahun 2024," ucapnya.

Agung menuturkan Program Jabar Smile ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang pemanfaatan energi hijau dan juga dilakukan beberapa perjanjian kerja sama dengan pihak lain.

"Dan harapan banyak kemudahan bagi masyarakat," pungkasnya.  ***