Polda Jabar Beri Izin Persib Gunakan GBLA untuk Liga 1 Musim 2022/2023

Polda Jabar Beri Izin Persib Gunakan GBLA untuk Liga 1 Musim 2022/2023
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) memberi izin kepada klub Persib Bandung untuk menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk mengarungi Liga 1 musim 2022/2023.

Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, izin itu diberikan berdasarkan hasil koordinasi bersama berbagai pihak termasuk manajemen Persib Bandung.

"Beberapa poin di antaranya dilaksanakan di Stadion GBLA. Penggunaan GBLA disesuaikan dengan rekomendasi dari PUPR," kata Ibrahim di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (19/7/2022).

Meski diizinkan, menurutnya Stadion GBLA hanya bisa dihadiri penonton atau suporter sebanyak 75 persen dari total kapasitas. Adapun Stadion GBLA tercatat dapat menampung sebanyak 38 ribu penonton jika terisi penuh.

Ibrahim menjelaskan stadion yang hanya bisa diisi dengan kapasitas 75 persen itu menyesuaikan dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Sehingga kami menyesuaikan 75 persen dari kapasitas sepenuhnya. Sehingga bisa menampung 29 ribu," tegasnya. 

Selanjutnya, ia mengatakan,  polisi bakal melakukan pengamanan saat pertandingan Persib sesuai dengan perkiraan ancaman situasi guna menghindari jatuhnya korban sebagaimana pada pertandingan Persib sebelumnya di Stadion GBLA.

Selain itu, menurutnya edukasi terkait regulasi pun bakal disampaikan kepada masyarakat atau suporter Persib agar tidak terjadi penumpukan antrean ketika masuk ke pintu stadion.

"Kita juga ada tanggung jawab menyelesaikan pertandingan tanpa ada masalah," tutup Ibrahim.  ***