Polda Metro Jaya Klarifikasi Kabar Anggota Saling Tembak: Hoaks

Polda Metro Jaya Klarifikasi Kabar Anggota Saling Tembak: Hoaks
Lihat Foto

WJoday, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan meluruskan kabar mengenai insiden dua anggota polisi terluka diduga akibat saling tembak yang terjadi di Jakarta Pusat, Rabu (3/8).

"Saya ingin meluruskan ya, tolong teman-teman, kabar yang beredar di luar itu berita hoaks," ujar Zulpan kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

"Kemudian berkaitan dengan berita itu, benar adalah memang terjadi perbuatan kelalaian atau kecerobohan," dia menambahkan.

Zulpan menjelaskan, luka yang dialami itu bukan karena saling tembak melainkan kelalaian salah satu anggota. "Bukan penembakan sesama anggota Polri," ujarnya.

Dia menjelaskan pula pihaknya membenarkan salah satu korban terluka merupakan anggota Polda Metro Jaya.

"Tapi benar yang meletuskan senjata adalah anggota Polda Metro Jaya," katanya.

Saat kejadian, Zulpan menjelaskan Brigadir AS sedang bertugas mengamankan sebuah bank di daerah Pecenongan, Jakarta Pusat (Jakpus), kemarin siang.

Sesuai SOP, kata dia, polisi yang melakukan pengamanan di sebuah bank dilengkapi senjata api.

Lebih lanjut, Zulpan menerangkan, saat Brigadir AS membersihkan selongsong senjatanya di luar bank, tepatnya di sekitar pos sekuriti. Namun, Brigadir AS teledor. Senjata yang dipegangnya meletus. Rekannya, Bripda EP, terluka terkena tembakan.

"Nah yang pegang senjata ini adalah si brigadir, dia membersihkan selongsong senjata. Sambil ngobrol dia bersihkan, kemudian dia bermaksud memasukkan sarung pistol di pinggang, senjata ini kan sensitif, masuk, kepicu, dia meledak," ungkapnya Zulpan.

Adapun Bripda EP langsung dibawa untuk mendapatkan perawatan, sedangkan Brigadir AS diperiksa oleh Propam.  ***