Polri Dalami Kemungkinan Adanya Dalang dalam Kasus Brigadir J

Polri Dalami Kemungkinan Adanya Dalang dalam Kasus Brigadir J
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya kini tengah mendalami kemungkinan adanya dalang dibalik tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J oleh Bharada E. (antara)

WJtoday, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya kini tengah mendalami kemungkinan adanya dalang dibalik tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J oleh Bharada E.

"Tentunya ini sedang kita kembangkan apakah ada yang menyuruh atau atas niat dia sendiri," ujar Listyo dalam konferensi pers, Kamis (4/82022) malam.

Listyo menegaskan, tim penyidik dari timsus tidak akan berhenti pada penetapan tersangka Bharada E saja. Ia mengklaim timsus akan mengusut sampai ke akar pihak-pihak yang terlibat dalam kematian Brigadir J.

Lebih lanjut, Listyo mengaku pihaknya juga sudah mengantongi identitas pengambil closed circuit television (CCTV) di lokasi penembakan. Pelaku tersebut, kata dia, juga telah diperiksa oleh penyidik tim khusus.

"Tidak akan berhenti sampai di situ dan akan terus dikembangkan, sehingga semuanya kemudian menjadi jelas terkait siapa pun yang terlibat dalam proses tindak pidana tersebut akan kita tindak tegas," tegasnya.

Selain itu, Listyo mengatakan Inspektorat Khusus (Irsus) juga telah memeriksa 25 personel Polri terkait dugaan ketidakprofesionalan dalam menangani kasus kematian Brigadir J. 

"Oleh karena itu terhadap 25 personel yang saat ini telah dilakukan pemeriksaan kita akan menjalankan proses pemeriksaan terkait dengan pelanggaran kode etik," tutur Listyo.

Listyo menyebut jika dalam pemeriksaan ditemukan ada unsur pidana, maka proses hukum akan dilakukan terhadap yang bersangkutan.  ***