Pram/Yere, Praveen/Melati, Fajar/Rian Lolos ke Semifinal BAC 2022, Sementara Siti/Ribka dan Rinov/Pitha Kandas

Pram/Yere, Praveen/Melati, Fajar/Rian Lolos ke Semifinal BAC 2022, Sementara Siti/Ribka dan Rinov/Pitha Kandas
Lihat Foto

WJtoday, Filipina - Bermain di Muntinlupa Sports Complex. Sejumlah pasangan dan pebulutangkis ganda asal Indonesia lolos ke semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 hari ini, Jumat (29/4/2022). Dimulai dari Pram/Yere, Praveen/Melati, dan Fajar/Rian. 

Sementara itu, dua pasangan dan ganda lain, Siti/Ribka dan Rinov/Pitha harus menerima kekalahan. 

Ganda Putra Indonesia, Pram/Yere 

Kalahkan Hoki/Kobayashi, Pram/Yere Susul Chico Aura ke Semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022

Ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, berhasil melaju ke babak semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022, setelah berhasil mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Pram/Yere melaju ke babak tersebut setelah bermain dalam tiga set langsung dengan skor 21-15, 19-21 dan 21-19. Di babak semifinal, Pram/Yere masih akan menunggu calon lawannya. Tidak menutup kemungkinan kalau babak semifinal akan menyajikan perang saudara. 

Sebab, calon lawan mereka adalah pemenang dari laga antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kontra wakil Singapura, Man Wei Chong/Kai Wun Tee.

Pram/Yere sebenarnya memulai laga dengan sangat baik. Akan tetapi, Hoki/Kobayashi mampu menunjukan perlawanannya sebagai unggulan kedua di ajang tersebut.

Pasalnya, ganda putra andalan Jepang itu berhasil unggul lebih dulu pada interval pertama. Hoki/Kobayashi unggul atas Pram/Yere dengan skor 9-11. Akan tetapi, selepas interval pemain muda Indonesia ini justru lebih percaya diri.

Pram/Yere mampu meredam semua serangan yang dilancarkan pasangan nomor empat dunia tersebut. Secara mengejutkan, mereka pun sukses membalikan keadaan dan meraih kemenangan di set pertama atas Hoki/Kobayashi dengan skor 21-15.

Memasuki gim kedua, pasangan muda Indonesia itu semakin tampil percaya diri. Sementara Hoki/Kobayashi terus memberi perlawanan guna mengejar selisih poin tersebut. Tapi upaya itu masih belum berbuah manis karena Pram/Yere unggul di interval kedua dengan skor 11-9.

Selepas interval, Hoki/Kobayashi seakan menunjukan tajinya sebagai pasangan nomor empat dunia. Karena secara mengejutkan mereka mampu membalikan keadaan dengan menutup kemenangan di set kedua atas Pram/Yere dengan skor 21-19. Pertandingan pun berlanjut ke set ketiga.

Pada set ketiga, Pram/Yere tak patah semangat. Pasangan nomor 22 dunia ini terus berupaya agar bisa menutup pertandingan dengan kemenangan. Mereka pun mampu unggul 11-9 atas Hoki/Kobayashi pada interval ketiga.

Selepas interval, Hoki/Kobayashi kali ini mampu memberi perlawanan. Bahkan mereka sempat memperkecil kedudukan menjadi 16-17. Akan tetapi, Pram/Yere terus berusaha menjaga keunggulannya. Pada akhirnya, pasangan muda Indonesia itu berhasil menaklukkan pasangan nomor empat dunia itu di set ketiga dengan skor 21-19.

Ganda Campuran Indonesia, Jordan Paraveen/Melati Daeva Oktavianti

Singkirkan Pasangan Jepang, Praveen/Melati Melaju ke Semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022

Ganda campuran Indonesia, Jordan Paraveen/Melati Daeva Oktavianti lolos dari babak semifinal Kejuaraan Asia 2022 setelah berhasil mengalahkan pasangan ganda campuran Jepang,  Kyohei Yamashita/Naru Shinoya.

Pasangan Praveen/Melati memberikan perlawanan sengit kepada Yamashita/Shinoya sejak awal laga. Tapi mereka berhasil mengalahkan pasangan tersebut dengan dua set langsung 21-17 dan 22-20.

Set pertama baru dimulai, Praveen/Melati langsung tancap gas dan mengendalikan permainan. Alhasil, mereka unggul jauh 3-0 dan terus meperlebar skor menjadi 7-3.

Namun, Yamashita/Shinoya tak ingin dipaksa bertahan. Mereka lantas terus menekan dan memperkecil ketertinggalan sehinggga skor pun menjadi 7-8. Pertandingan pun kembali berjalan dengan sengit.

Tak mau dikejar, Praveen/Melati juga terus memperlebar jarak dengan menyerang lawan bertubi-tubi. Alhasil, mereka berhasil unggul di interval set pertama dengan skor 11-8.

Laju Praveen/Melati tak terhentikan meski mendapatkan perlawanan keras dari ganda campuran asal Jepang itu. Hebatnya, Praveen/Melati mampu menutup set pertama dengan keunggulan 21-17.

Memasuki gim kedua, kedua pasangan tampil saling menyerang. Poin pun silih berganti didapatkan oleh mereka. Baik Praveen/Melati maupun  Yamashita/Shinoya meraih skor yang sama kuat, 7-7, 8-8, dan 9-9.

Namun, di interval set kedua Praveen/Melati unggul 11-10. Mereka terus mendapatkan perlawanan keras dari pasangan Jepang itu, beberapa kali skor pun tercipta sama kuat. Bahkan, kedua pasangan harus melakukan duece dengan skor 20-20.

Usaha keras terus dilakukan Praveen/Melati hingga akhir set kedua. Hasilnya, mereka menutup gim tersebut dengan keunggulan 22-20. Dengan hasil ini, pasangan Praveen/Melati melaju ke babak semifinal Kejuaraan Asia 2022. Mereka bakal ditantang pasangan China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Fajar/Rian Pastikan Wakil Indonesia di Final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil melangkah ke semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 (BAC 2022), usai menang dua set langsung atas Man Wei Chong/Kai Wun Tee, 21-16 dan 21-16, Jumat (29/4/2022) malam WIB. 

Kedua pasangan langsung jual beli serangan. Kejar-kejaran poin pun sudah menghiasi jalannya pertandingan sejak menit awal.

Fajar/Rian pun harus tertinggal lebih dulu di interval pertama dari Man/Tee dengan skor 8-11. Namun, pasangan nomor delapan dunia itu tidak menyerah begitu saja.

Pasangan berjuluk Fajri ini mulai mendapatkan ritme permainannya selepas interval. Mereka mampu memangkas selisih poin dari pasangan Malaysia tersebut. Hingga akhirnya, Fajar/Rian sukses menutup set pertama dengan kemenangan 21-16.

Kemudian di set kedua, giliran Fajar/Rian yang memulainya dengan sangat baik. Kali ini mereka terus menebar ancaman ke pertahanan Man/Tee lewat smash-smash yang dilakukannya.

Fajar/Rian pun mampu unggul atas Man/Tee pada interval kedua dengan skor 11-7. Namun pasangan Malaysia juga bukan tanpa perlawanan. Pasalnya, mereka juga sempat memperkecil kedudukan menjadi 14-16.

Akan tetapi, Fajar/Rian berhasil mempertahankan dominasinya. Mereka menang atas Man/Tee di set kedua dengan skor 21-16. Kemenangan ini sekaligus membuat mereka berhasil melaju ke babak semifinal Kejuaraan Asia 2022.

Dengan kemenangan ini, Fajar/Rian memastikan Indonesia mengirim satu wakil ke final. Sebab, mereka akan menghadapi Pramudya Kusumawardana/Yeremia Yacob Rambitan pada pertandingan semifinal, Sabtu (30/4/2022) sore WIB. 


Langkah Siti/Ribka dan Rinov/Pitha Terhenti

Selain pasangan Pram/Yere, Praveen/Melati, dan Fajar/Rian, pasangan lain pun bermain untuk mengharumkan Indonesia di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Namun sayang, langkah Siti/Ribka dan Rinov/Pitha harus terhenti usai dikalahkan pasangan dari negara lain.


Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto

Siti/Ribka Terhenti di Perempat Final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022

Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, terhenti langkahnya di babak perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Pasalnya, mereka tumbang dari pasangan China, Du Yue/Li Wen Mei, dengan skor 10-21 dan 12-21.

Perlu diketahui, Siti/Ribka merupakan satu-satunya ganda putri yang masih bertahan di ajang ini. Namun sayangnya mereka harus tersingkir di babak perempatfinal. Praktis, sudah tidak ada lagi wakil Indonesia di sektor ganda putri.

Siti/Ribka tampil tertekan. Pasangan Merah Putih itu terus-terusan mendapat gempuran dari Du/Li.

Serangan yang dilancarkan pasangan China itu seringkali gagal dikembalikan oleh Siti/Ribka. Hasilnya, mereka pun tertinggal di interval pertama dari Du/Li dengan skor 7-11.

Selepas interval, Siti/Ribka mencoba untuk membalikkan keadaan. Namun tetapi, mereka justru semakin tertekan. Pada akhirnya, Siti/Ribka harus kalah di set pertama dari Du/Li dengan skor 10-21.

Pada set kedua, sebenarnya Siti/Ribka memulainya dengan cukup baik. Pasangan nomor 28 dunia ini dapat memberi perlawanan kepada Du/Li di fase awal laga.

Namun sayangnya Siti/Ribka kembali harus tertinggal di interval kedua dengan skor 7-11. Setelah itu, pasangan China justru tampil semakin leluasa. Serangan-serangan yang dilancarkan wakil Merah Putih juga dapat dikembalikan dengan sangat baik olehnya.

Ketertinggalan Siti/Ribka pun menjadi cukup jauh yakni 11-18. Tentu saja situasi ini bukan situasi yang bagus untuknya. Pada akhirnya, Siti/Ribka harus mengakui ketangguhan lawannya. Mereka kalah dari Du/Li di set kedua dengan skor 12-21.

Ganda Campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari 

Rinov/Pitha Dihentikan Wakil China di Perempat Final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022

Langkah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus terhenti pada perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 (BAC 2022). Ganda campuran Indonesia itu takluk dari Wang Yilyu/Huang Dongping dalam pertarungan dua set 12-21 dan 11-21, Jumat (29/4/2022) malam WIB. 

Bermain di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina, Rinov/Pitha dan Wang/Huang saling jual beli serangan di awal set pertama. Kejar-kejaran skor pun cukup seru di antara kedua pasangan.

Akan tetapi, Rinov/Pitha harus tertinggal lebih dulu dari Wang/Huang di interval pertama. Mereka tertinggal dengan skor tipis 10-11.

Selepas interval, pasangan Indonesia itu terlihat seperti kehilangan fokusnya. Bagaimana tidak, Rinov/Pitha berkali-kali kecolongan dari lawannya. Alhasil, Huang/Wang sukses menutup set pertama dengan kemenangan 21-13.

Di set kedua, Rinov/Pitha kembali mengawalinya dengan tidak baik. Mereka lagi-lagi kesulitan menahan gempuran dari pasangan nomor empat dunia tersebut.

Alhasil, mereka pun kembali tertinggal di interval kedua dengan skor 6-11. Selepas interval, Rinov/Pitha berupaya untuk bangkit dan mengejar ketertinggalannya.

Namun upaya yang mereka lakukan masih belum bisa berbuah manis. Pasangan China benar-benar terus menggempur pertahanan Rinov/Pitha. Pada akhirnya, Huang/Wang sukses menutup gim kedua dengan kemenangan 21-11.

Dengan ini, Indonesia hanya menyisakan satu wakil dari ganda campuran di semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Pasangan tersebut adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang melaju usai menyingkirkan ganda Jepang Kyohei Yamashita/Naru Shinoya 21-17 dan 21-19. ***