Proses Pembangunan Jalan Layang Bojongsoang dan Jembatan Lama Citarum Dayeuhkolot Dimulai Tahun ini

Proses Pembangunan Jalan Layang Bojongsoang dan Jembatan Lama Citarum Dayeuhkolot Dimulai Tahun ini

WJtoday, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR ) yang menyampaikan rencana pembangunan Jalan Layang atau Flyover Bojongsoang dan Jembatan Lama Citarum Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

DBMPR Jabar berencana memulai pembangunan Flyover Bojongsoang dan Jembatan Lama Citarum penghubung Baleendah-Dayeuhkolot hingga ke Kota Bandung pada tahun 2023 ini.

“Pemprov Jabar melalui DBMPR Jabar segera akan memulai proses pembangunan Flyover Terusan Buahbatu-Bojongsoang dan Jembatan Lama Citarum Dayeuhkolot Kabupaten Bandung,” kata Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (17/3/2023).

Bambang menambahkan untuk pembangunan Flyover Bojongsoang akan dimulai dengan tahapan kajian dengan pembiayaan melalui APBD.

Kendati demikian, Bambang belum menjelaskan secara detail kapan tepatnya pembangunan dua infrastruktur penunjang kelancaran lalu lintas di wilayah Kabupaten Bandung tersebut akan dimulai.

Namun, atas nama Pemprov Jabar dia menyampaikan permohonan maaf apabila selama proses pengerjaan dua infrastruktur tersebut mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

“Mohon maaf bila perjalanan di ruas jalan tersebut sedikit terganggu yaa wargi Jabar,” ujar Bambang.

Dia berharap, keberadaan kedua infrastruktur itu nantinya dapat menjadi solusi mengurai kemacetan yang kerap kali terjadi dan mengakibatkan antrean panjang kendaraan.

Sebelumnya, Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan usulan pembangunan Flyover Bojongsoang ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada pertengahan Februari 2023 lalu.

Usulan pembangunan Flyover Bojongsoang menurut Bupati sangat penting untuk mengurai kemacetan yang selama ini kerap terjadi di ruas jalan raya penghubung Kota dan Kabupaten Bandung ini.

Menurut Dadang, ada tiga arah yang menjadi pemicu kemacetan di wilayah Bojongsoang. Yaitu arus kendaraan dari Kota Bandung menuju ke Baleendah, Banjaran, Ciparay dan sekitarnya atau sebaliknya. Ditambah arus kendaraan penduduk sekitar Bojongsoang dan sekitarnya.

Sementara terkait pembangunan Jembatan Lama Citarum juga pernah diaspirasikan Dadang Supriatna saat itu ke DBMTR Jabar pada 2022.

Jembatan Lama Citarum ini rusak sejak 2021 dengan kondisi jalan aspal yang retak-retak dan penahan besi nyaris ambruk.

Kerusakan jembatan itu banyak dikeluhkan warga sehingga diharapkan infrastruktur tersebut dapat segera diperbaiki atau dibangun kembali agar bisa dilintasi dengan aman dan nyaman.***