Ribuan Polisi Bakal Kawal Laga Persib Bandung VS Persija Jakarta di Stadion GBLA

Ribuan Polisi Bakal Kawal Laga Persib Bandung VS Persija Jakarta di Stadion GBLA
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Ribuan polisi bakal diterjunkan untuk mengamankan jalannya laga Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu, 2 Oktober 2022. Mereka diturunkan dengan pola pengamanan berlapis.

Kabar itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo. Dia menyatakan ribuan personelnya sudah siap diturunkan untuk mengalamankan laga bertajuk El Clasico Indonesia itu.

"Kita sudah menyiapkan pengamanan dan ribuan personel, termasuk peralatan kita terjunkan. Kita juga menggunakan pola (pengamanan) berlapis," kata Ibrahim, Senin (26/9/2022).

Lewat pola pengamanan berlapis, lanjut Ibrahim, sejumlah polisi bakal disiagakan di setiap ring. Seluruh polisi yang bertugas akan menyeleksi penonton dan hanya penonton yang mengantongi tiket yang diperbolehkan masuk kawasan Stadion GBLA. 

"Kita akan seleksi penonton yang masuk ke dalam betul-betul sudah memiliki tiket," tegasnya. 

Lebih lanjut Ibrahim mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak panitia, tiket laga Persib vs Persija hanya dijual kepada para pendukung Persib. Tiket tidak dijual kepada pendukung Persija dengan alasan keamanan. 

"Pendukung Persija tidak diberi kesempatan ke GBLA. Ini pertimbangannya keamanan. Jadi, memang kita berimbang dengan panitia, akhirnya diputus dengan panitia tidak menghadirkan pendukung dari Persija," jelas dia. 

Ibrahim mengatakan bahwa laga tersebut bakal digelar pukul 15.30 WIB. Waktu pelaksanaan sengaja dipilih sore hari juga dengan alasan keamanan. 

"Kalau sore hari, selain terlihat, penonton mudah terpantau juga. Ini sangat menjadi pertimbangan untuk pengamanan dan memastikan pelaksanaan (pertandingan) aman dan damai, sehingga diputuskan secara bersama lebih bagus menggunakan waktu untuk pertandingan sore hari," katanya. 

Alasan keamanan memang menjadi faktor yang sangat diperhatikan polisi dalam laga Persib vs Persija untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Terlebih rivalitas para suporter kesebelasan juga memiliki sejarah panjang.***