Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI

Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Pemain keturunan Indonesia, Shayne Pattynama, akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta (Kanwil Kemenkumham RI DKI Jakarta) pada Selasa (24/1/2023).

Agenda itu merupakan tahapan terakhir dari proses naturalisasi sang pemain. 

Jika melihat dari seluruh pemain yang ada, Pattynama menjadi pemain ke-38 yang dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Sebelum Pattynama, ada nama Jordi Amat dan Sandy Walsh yang juga sudah resmi menjadi WNI.

Dari 38 pemain yang sudah menjadi WNI, tidak semua pemain memperkuat Timnas Indonesia. Ada beberapa pemain seperti Silvio Escobar, Zoubairou Garba, Herman Dzumafo, dan masih ada beberapa pemain lain yang tidak memperkuat Timnas Indonesia.

Tentunya, agenda pembacaan sumpah Shayne Pattinama ini  sangat dinanti pencinta sepak bola Tanah Air. Publik sudah lama menunggu kepastian terkait pengambilan sumpah WNI untuk Shayne.

Sekadar informasi, Shayne Pattynama merupakan satu dari tiga pemain keturunan yang menjalani proses naturalisasi. Dua pemain lain, Jordi Amat dan Sandy Walsh, telah resmi menjadi WNI dan dapat memperkuat Timnas Indonesia. 

Adapun, proses naturalisasi Shayne Pattynama berjalan lebih lambat. Pemain berusia 24 tahun itu tinggal melakukan pengambilan sumpah WNI untuk menyelesaikan proses naturalisasinya. Setelah itu, dia perlu menunggu perpindahan federasi, sebelum bisa membela Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Shayne tengah memperkuat klub Liga Norwegia, Viking FK. Pemain berpostur 185 cm itu berposisi asli sebagai bek kiri. Dia pernah menimba ilmu di sejumlah akademi pemain muda top Belanda, seperti Ajax dan FC Utrecht.

Pattynama diincar langsung oleh Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi menjadi WNI. Pemain kelahiran Lelystad, Belanda, itu diproyeksikan untuk menambah kekuatan di lini belakang Timnas Indonesia.

Kehadiran Pattynama di Timnas Indonesia amat ditunggu pecinta sepak bola Tanah Air. Menarik untuk menyaksikan pengambilan sumpah WNI sang pemain sore nanti.***