Siap Maju Pilwakot Depok 2024, Kaesang Merapat ke PSI?

Siap Maju Pilwakot Depok 2024, Kaesang Merapat ke PSI?

WJtoday, Jakarta - Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menyampaikan bahwa dirinya sudah mendapatkan izin dari keluarga untuk masuk bursa politik. Kaesang digadang-gadang oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk maju dalam Pilwakot Depok, Jawa Barat.

“Saya Kaesang Pangarep. Saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya,” kata Kaesang dalam sebuah video yang beredar, dikutip Sabtu (10/6/2023).

Untuk itu, Kaesang pun menyatakan siap untuk maju dalam Pilkada tahun 2024 yang diselenggarakan untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota di Depok.

Sekaligus, suami Erina Sofia Gudono tersebut memohon doa dan dukungan dari masyarakat atas niatnya itu.

“Insya Allah dgn ini saya siap utk hadir menjadi Depok 1. Mohon dukungannya. Merdeka,” ucapnya.

Kaesang Gabung PSI?

Kaesang tengah menjadi perbincangan setelah baliho yang mendukungnya menjadi calon Wali Kota Depok dipasang oleh partai yang dipimpin Giring Ganesha.

Kaesang yang mengenakan kaos PSI tersebut diunggah oleh akun twitter Rudi Valinka. Kaesang nampak bersama dengan Giring dalam satu momen.

Kaos yang dikenakan Kaesang bertuliskan ‘PSI partainya orang biasa biasa dan bukan siapa siapa’.

“Dengan ini Kami nyatakan Sah .... Setuju?” tulis akun @kurawa.


PSI Tetap Dukung Anak Jokowi di Depok Meski Jadi Kader Partai Lain

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Cheryl Tanzil mengatakan siap mendukung Kaesang Pangarep untuk ikut pemilihan Wali Kota Depok pada pilkada 2024 nanti. Pernyataan itu disampaikan Cheryl usai beredar foto putra bungsu Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi itu dengan Ketua Umum PSI Giring Ganesha. 

Foto bareng itu menjadi kontroversi karena Kaesang mengenakan kaos PSI. Namun Cheryl menyebut pertemuan itu terjadi untuk keperluan podcast.

Cheryl mengatakan PSI tidak mempermasalahkan jika Kaesang memilih tidak bergabung dengan PSI dan menjadi kader PDI Perjuangan seperti Jokowi dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka.

"Pak Jokowi juga merupakan kader PDIP. Itu ga menyurutkan dukungan kita pada Pak Jokowi. PSI adalah partai yang memegang teguh asas meritokrasi. Yaitu melihat kemampuan dan skill seseorang," kata Cheryl pada Jumat, 9 Juni 2023 dalam pesan tertulisnya.

PSI telah memasang billboard Kaesang di Jalan Margonda Depok sebagai bentuk dukungan kepada anak Jokowi itu sebagai calon wali kota Depok pada pemilu nanti.

Pada Mei lalu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PSI Kota Depok Icuk Permana Putra mengatakan dukungan DPD PSI kepada Kaesang sebagai calon wali kota sudah gencar dilakukan sejak akhir Maret 2023.

"Selama dua bulan terakhir kader-kader kami menyampaikan usulan ini kepada masyarakat Depok," katanya Icuk dalam keterangannya, Senin 22 Mei 2023.

Podcast Kaesang dengan Giring Ceria Menggembirakan 

Cheryl enggan menjelaskan perbincangan dalam podcast Kaesang dan Giring. Ia mengatakan agar masyarakat menanti saat podcast tersebut rilis nanti.

"Silakan tunggu tanggal tayang podcast Kaesang. Intinya bakal ceria menggembirakan," kata Cheryl.

Cheryl mendeskripsikan dalam pertemuan antara Giring dengan Kaesang tersebut dipenuhi dengan suasana hangat. "Yang jelas udah beredar banyak foto-foto Mas Kaesang dan Bro Giring di sosmed. Gesturenya sangat positif. Mas Kaesang bahkan ikut pakai kaos PSI," ujar mantan penyiar berita tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Giring Ganesha mengunggah foto Kaesang dengan dirinya di akun media sosial Twitter. Dalam foto tersebut, Kaesang dan Giring sama-sama mengenakan baju yang mempromosikan PSI

"Biasanya orang orang biasa yang biasa-biasa aja, ngobrol biasa itu biasa. Tapi jika keduanya bisa-bisanya pakai kaos biasa dari partai biasa yang isinya orang-orang biasa, tentu bisa jadi luar biasa biasa," tulis Giring dalam akun Twitter miliknya.

Pusaran Politik di Keluarga Jokowi

Sudah ada 3 (tiga) putra Jokowi yang tengah masuk ke dalam pusaran pemerintahan.

Pertama adalah Bobby Nasution. Suami Kahiyang Ayu tersebut saat ini merupakan Walikota Medan. Kemudian kedua adalah Gibran Rakabuming Raka yang saat ini merupakan Walikota Solo. Baik Bobby dan Gibran adalah putra anak anak menantu Jokowi yang masuk ke dalam pusaran pemerintahan di Pilkada 2020.

Lalu yang ketiga adalah Kaesang Pangarep yang mencari peruntungan menjadi calon Walikota Depok pada Pilkada 2024 mendatang.***