Siswa Sekolah Belajar dari Rumah, Jalanan Kota Bandung Tampak Lengang

Siswa Sekolah Belajar dari Rumah, Jalanan Kota Bandung Tampak Lengang
Siswa Sekolah Belajar dari Rumah, Jalanan Kota Bandung Tampak Lengang
WJtoday, Bandung - Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang siswa sekolah belajar secara daring atau online dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19,  berdampak pada kondisi jalan di Kota Bandung.

Sejumlah jalan di Kota Bandung nampak terlihat lengang dari biasanya. Pantauan wjtoday.com, Rabu (18/3/2020) sekitar pukul 07.30 WIB, lalu lintas di sekitar Jalan AH Nasution tidak terjadi kemacetan. 

Padahal sehari-harinya pada waktu  pagi dan sore lalu lintas di jalan tersebut selalu padat.

Menurut salah seorang karyawan swasta Rahmat mengatakan, sudah selama tiga hari dirinya mengaku leluasa untuk berangkat kerja. Terlebih dirinya sebelum adanya kebijakan tersebut selalu melakukan perjalanan hingga satu jam bahkan lebih.

"Hikmahnya adalah saya ke kantor jadi lebih cepat. Karena biasanya di Jalan Sukamiskin ini suka macet, dan selalu membuat emosi jika tidak bersabar," ujar Rahmat saat ditemui di Jalan AH Nasution, Rabu (18/3/2020).


Meski Jalanan kosong, pihaknya mengaku tetap berhati-hati dalam berkendara. Karena menurutnya dengan kosongnya Jalan membuat pengendara lain banyak yang menambah kecepatannya (kebut-kebutan).

"Tetap harus berhati-hati, saya lihat dari tadi jadi banyak yang kekebutan. Makanya jadi bahaya juga kalau tidak berhati-hati," jelasnya.


Rahmat juga mengaku meskipun tetap bekerja, dirinya tidak melupakan untuk senantiasa menjaga kesehatan. Ia menjelaskan dengan adanya Covid-19 menjaga kesehatan adalah yang utama.

"Saya juga sekarang menggunakan masker untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sieun atuh da, di sisi lain kedah masih kerja, tapi kedah sehat oge kan," pungkasnya.

Kondisi hampir serupa terjadi di Jalan Mohamad Toha, kemacetan yang biasa terjadi pagi dan sore hari sejak Senin (16/3/2020) tak lagi terjadi.

Salah seorang juru parkir di wilayah itu Wawan (42) mengatakan kepadatan kendaraan jauh berkurang.

"Iya, pak.. Sejak Senin sepi banget. Malah sudah ga ada macet lagi sampe sore. Biasanya jam sekolah pagi  sama jam bubar kantor sore bikin Mohamad Toha langganan macet." ujarnya. ***